Erdogan Naikkan Pangkat 99 Kolonel Menjadi Jenderal

Ankara, 26 Syawwal 1437/31 Juli 2016 (MINA) – Presiden Recep Tayyip menyetujui keputusan penting Dewan Militer untuk menaikkan pangkat 99 kolonel menjadi jenderal.

Juru bicara Erdogan, Ibrahim Kalin kepada wartawan pada Kamis (28/7) lalu mengatakan, hal itu merupakan langkah terbaru yang dipilih dalam upaya pembersihan di jajaran militer pascaupaya kudeta gagal.

Media lokal Eye Witness menyebutkan, pada Pertemuan Tahunan Dewan Agung Militer yang diketuai Perdana Menteri Binali Yildirim, pemerintah juga telah memberhentikan dengan tidak hormat hampir 1.700 personel militer atas peran mereka dalam kudeta yang gagal pada 15-16 Juli lalu.

Pemberhentian termasuk mencakup sekitar 40% dari jajaran jenderal militer Turki.

Sebuah pernyataan di situs angkatan bersenjata setempat  mengatakan, di samping promosi 99 kolonel menjadi jenderal, juga ditetapkan 20 jenderal diperpanjang masa tugasnya hingga setahun.

Juru bicara kepresidenan mengatakan, di antara perubahan pada jajaran komandan paling senior adalah Wakil Kepala Angkatan Bersenjata Jenderal Yasar Guler yang diangkat menjadi Komandan Pasukan Khusus Gendarmerie Turki. Sementara Kepala Angkatan Darat Pertama, Jenderal Umit Dundar, menggantikannya sebagai Wakil Kepala Angkatan Bersenjata. (T/P4/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.