Erdogan: Turki Berbagi Rekaman Pembunuhan Khashoggi

Ankara, MINA – Turki telah berbagi rekaman terkait dengan pembunuhan jurnalis dengan Arab Saudi, Amerika Serikat (AS), Jerman, Perancis dan Inggris.

Hal itu diungkapkan oleh Presiden Turki pada Sabtu (10/11).

Sumber-sumber Turki sebelumnya mengatakan bahwa pihak berwenang memiliki rekaman audio yang konon mendokumentasikan pembunuhan wartawan Saudi.

Namun, keberadaan rekaman semacam itu tidak pernah dikonfirmasi secara resmi.

Berbicara sebelum keberangkatannya ke Perancis untuk menghadiri peringatan 100 tahun berakhirnya Perang Dunia I, Erdogan mengatakan, Arab Saudi tahu pembunuh Khashoggi adalah salah satu dari 15 orang yang terbang ke Istanbul beberapa jam sebelum pembunuhan 2 Oktober.

“Kami memberikan rekaman. Kami memberikannya kepada Arab Saudi, ke Amerika Serikat, Jerman, Perancis dan Inggris, semuanya. Mereka telah mendengarkan semua percakapan di dalamnya,” kata Erdogan. “Mereka tahu.”

Sumber pejabat mengatakan kepada Al Jazeera pada Sabtu bahwa polisi Turki mengakhiri pencarian mayat Khashoggi, tetapi penyelidikan kriminal terhadap pembunuhan pria 59 tahun itu akan terus berlanjut.

Al Jazeera pada Jumat mengetahui bahwa jejak asam ditemukan di kediaman konsul jenderal Saudi di Istanbul, tempat mayat itu diyakini dibuang dengan menggunakan bahan kimia. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.