Erick Thohir Ingin Pencak Silat Jadi Cabang Resmi Olimpiade

Ketua Erick Thohir. (Foto: Istimewa)

Jakarta, MINA – Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC), Erick Thohir, mengatakan bahwa butuh proses panjang agar olahraga bela diri tradisional Indonesia menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade.

“Sekarang ini yang terpenting mempertahankan pencak tetap dipertandingkan di Asian Games,” kata Erick Thohir ketika mengunjungi Kejuaraan Pencak Silat Test Event Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah(TMII) Jakarta, Selasa (13/2).

Dia mengatakan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Badan Pencak Silat Dunia (Persilat) untuk melakukan lobi-lobi dengan negara lainnya agar cabang ini tetap bertahan di Asian Games, demikian keterangan pers yang diterima MINA.

“Untuk mewujudkan agar pencak silat goes to Olympic tidak hanya butuh dukungan dari negara di Asia saja, tapi juga negara Eropa,” ujarnya.

Selain didukung oleh hampir seluruh negara di dunia, tentunya peta kekuatan prestasi pencak silat di kancah dunia harus merata. Tidak didominasi oleh satu negara saja.

“Misalkan bulu tangkis hanya didominasi oleh Cina saja. Ini juga menjadi faktor terancamnya cabang bulu tangkis di Olimpiade. Jadi, peta kekuatan prestasi harus merata,” jelasnya.

Pada prinsipnya, kata Erick, ia sangat mendukung pencak silat masuk Olimpiade. “Yang penting bagaimana caranya agar pencak silat mendunia terlebih dahulu dan itu merupakan proses ke arah goes to Olympic,” tambahnya.

Pencak Silat untuk pertama kali akan dipertandingkan sebagai cabang olahraga resmi yang memperebutkan medali pada Asian Games 2018 di Indonesia.

Masuknya Pencak Silat sebagai cabang olahraga resmi di Asian Games adalah buah kerja keras selama 15 tahun untuk mempertandingkan Pencak Silat di ajang olahraga terbesar se Asia tersebut sejajar dengan Karate, Taekwondo, Judo, dan Wushu.

Pada tahun 2002 Pencak Silat diperbolehkan tampil di Asian Games Busan sebagai cabang eksebisi saja, pada Asian Games seterusnya Pencak Silat gagal ditampilkan apalagi menjadi cabor.

Kesempatan muncul setelah Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Asian Games 2018 menggantikan Vietnam. Indonesia sebagai asal dari Pencak Silat tentu berusaha memasukkan olahraga berladiri andalan dan kebanggaannya sebagai cabor resmi.(R/R01/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.