Ertiga Club Indonesia Depok Gandeng DD Serahkan Donasi untuk Korban Banjir Jakarta

Jakarta, MINA – Mulai dari ikut terjun langsung ke daerah banjir sampai memberikan penyaluran terus mengalir. Ertiga Club Indonesia Depok (ERCI Depok) menyerahkan donasi kepada Dompet Dhuafa (DD) di Pos Dapur Keliling (Darling) di pengungsian korban banjir di Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

Berbagai bentuk kepedulian lapisan masyarakat terhadap banjir yang terjadi sangat besar untuk pemulihan korban banjir, demikian rilis Dompet Dhuafa yang diterima MINA, Ahad (5/1).

“Alhamdulillah, kita ada sekitar 150 member di Depok, dan sejak hari pertama banjir, kita terpanggil untuk ikut bisa membantu. Kami himpun bantuan ini bersama dan kita salurkan langsung Darling yang ada di Cipinang ini, semoga bisa membantu warga,” terang Syarif, Sekjen ERCI Depok.

Syarif menjelaskan, adanya banjir memanggil jiwa kemanusiaan masyarakat Jakarta dan sekitarnya. “Melihat saudaranya tertimpa musibah banjir, mereka bergerak secara swadaya untuk mengumpulkan bantuaan,” katanya.

Tak lama setelah ERCI Depok, beberapa pemuda datang dari Ikatan Alumni Mahasiswa Borobudur. menyampaikan bantuan dari kalangan alumni kampus untuk digunakan warga sekitar sekitar pengungsian tersebut.

“Kami terpanggil kak, apalagi kampus kita bisa dijadikan posko pengungsian, warga tentunya membuthkan bantuan,” jelas Andre salah satu mahasiswa.

Sudah empat hari, ratusan warga dari kelurahan Cipinang Melayu mengungsi di pelataran Masjid Raya Universitas Borobudur, Jakarta Timur.

Hujan deras yang mengguyur Jakarta sekitarnya pada malam tahun baru, mengakibatkan rumah mereka terendam. Alhasil, tidak ada pilihan selain bertahan di pengungsian, sampai kondisi cuaca kembali normal.

“Membangun semangat kepedulian menjadi sangat penting untuk bersinergi dengan banyak pihak membantu korban banjir, aplagi dengan wilayah terdampak yg meluas,”ucap ujar Ahmad Shonhaji, Direktur Budaya dan Dakwah Dompet Dhuafa.

Ahmad menjelaskan, DD sejak hari pertama, telah melakukan intervensi berita bantuan evakuasi hingga logistik di wilayah Cipinang Melayu. Satu unit Dapur Keliling (Darling) disiap siagakan memeberikan asupan makanan kepada penyintas.Terlihat masih banyak korban banjir yang belum terevakuasi.

DMC Dompet Dhuafa juga membuka call center bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan di 02127592116.

Info DMC Dompet Dhuafa
Jl. Menjangan Raya No.130, Pondok Ranji, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten 15412 (R/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.