Everlast: Yesus Bukan Tuhan, Ma (Bag.1)

Everlast pada tahun 2020.

Musik rap telah dipengaruhi oleh agama Islam. Seperti kelompok musik Public Enemy yang mengetuk tentang rasa hormat mereka terhadap Nation of Islam, kepada orang-orang seperti raper Q-Tip dari kelompok Tribe Called Quest yang merangkul Islam arus utama. Agama tampaknya menjadi tema yang berulang dalam genre musik ini, baik yang berdampak pada lirik dan kehidupan.

Salah seorang musisi Amerika Serikat yang tersentuh oleh Islam adalah Eric Francis Schrody yang lebih dikenal di kalangan musik dengan nama panggung . Ia berpindah keyakinan dari Katolik kepada Islam pada 1996.

Tidak hanya seorang musisi, pria kelahiran 18 Agustus 1969 itu juga seorang penyanyi, rapper, aktor dan penulis lagu Amerika, yang dikenal karena karya solonya dan sebagai pelopor grup hip hop House of Pain. Dia juga bagian dari supergrup hip hop La Coka Nostra, yang terdiri dari anggota House of Pain dan rapper lainnya. Pada tahun 2000, ia menerima Penghargaan Grammy untuk Penampilan Rock Terbaik oleh Duo atau Grup Vocal bersama band rock Latin Santana untuk “Put Your Lights On“.

Di saat Everlast memulai karir musiknya sebagai artis rap, ia menunjukkan dirinya memiliki kedalaman dan keragaman yang jauh lebih besar. Albumnya yang rilis pada September 1998 berjudul Whitey Ford Sings the Blues bernada reflektif dan agak filosofis, menunjukkan sekilas pengaruh Islam terhadap kehidupannya.

Tulisan ini berisi kisahnya saat diwawancara oleh Adisa Banjoko, seorang penulis lepas di San Francisco, yang kemudian dipublikasikan oleh media Islam The Religion of Islam pada 31 Juli 2006.

Everlast pada tahun 1998. (Video)

Berikut adalah penuturan Everlast tentang perjalanannya menemukan hidayah:

 

(Saya pertama kali belajar Islam) mungkin sekitar akhir 80-an. Saya bergaul dengan Divine Styler (artis rap Los Angeles yang populer). Dia pada dasarnya berada di akhir masa 5% (mengacu pada sekte “Nation of Gods and Earths” pseudo-Islam). Dia mulai masuk Islam. Dia tinggal bersama keluarga Bashir.

Abdullah Bashir adalah semacam gurunya. Ketika dia melakukan transisi dari 5% kepada Islam, saya mendengar sesuatu.

Saya mencoba memikirkan pertama kali saya mengenalinya sebagai Muslim. Saya pikir itu ketika salah satu teman Divine mengambil sedekah dan saya ada di sana. Saya mendengar dia berkata, “Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan Muhammad adalah hamba dan utusan.”

Dan saya ingat, saya berpikir, “Apa ini? Saya kulit putih. Bisakah saya di sini?”

Itu karena ketidaktahuan. Di Amerika, Islam dianggap sebagai “benda hitam.”

Dan saat itulah seseorang menunjuk kepada saya, “Anda tidak tahu berapa banyak Muslim kulit putih di dunia.”

Saya berkata, “Sungguh? Itu gila. Saya tidak tahu.”

Saya tidak memikirkan tekanan ekstra untuk menjadi Muslim kulit putih di Amerika. Bagi saya, Islam adalah milik saya. Allah adalah Tuhan semua dunia, semua manusia dan semua ‘aalamiin (dunia/alam semesta). Islam adalah hubungan pribadi saya dengan Tuhan. Jadi tidak ada yang bisa memberi tekanan lebih pada saya daripada yang saya bisa lakukan pada diri saya sendiri.

Sejauh ini saya tidak pernah dibuat merasa tidak nyaman jika shalat di banyak masjid. Seperti di New York, masjid ini besar dan ada begitu banyak orang, sehingga tidak ada yang melihat Anda. Ada orang Cina, Korea, Spanyol, semuanya, yang merupakan hal yang baik bagi saya karena di masjid tempat saya, saya satu-satunya pria kulit putih, (walaupun) ada beberapa wanita kulit putih.

Pada awalnya, saya memikirkannya lebih dari siapa pun, seperti saat pertama kali saya pergi ke Jumma (shalat Jumat). Pertama kali saya pergi ke Jumma, saya dibawa oleh seorang teman saya di New York. Itu di Brooklyn di Bed-Stuy (Bedford Stuyvestant). Saya gugup dengan lingkungan tempat saya berada, bukan masjid. Tapi saya merasa sangat nyaman begitu saya berada di sana. Saya berpikir, “Ini bagus.” Saya tidak merasa berbeda dari siapa pun di masjid.

Ibu saya berpikiran sangat terbuka, sangat progresif. Ibu saya (Katolik) tinggal bersamaku. Saya telah dibesarkan sepanjang hidup saya dengan bukan kepercayaan pada Tuhan, tetapi pengetahuan bahwa ia ada.

Saya diajari, jika (saya tahu) sesuatu di dunia, (saya harus) tahu bahwa ada Tuhan. Ibuku, meskipun ia seorang Katolik, ia adalah orang pertama yang menunjukkan kemunafikan di gereja. Ibuku benar-benar tidak menghadiri gereja dalam waktu yang lama. Tapi sejauh ini, ibu saya senang bahwa saya memiliki Tuhan dalam hidup saya.

Dia melihat saya shalat. Divine adalah salah satu orang favoritnya di dunia. Dia tahu betapa berbedanya kami dibandingkan ketika dia pertama kali mengenal kami sebagai anak-anak.

Ketika saya dan Divine pertama kali berteman, kami liar. Kami keluar berpesta, berkelahi, melakukan apa pun yang harus kami lakukan. Kami berpikir, “Ya, itulah maksud dari menjadi seorang pria. Kami akan pergi ke sini dan menjadi preman.”

Namun, dia telah melihat betapa itu (Islam) mengubah saya dan dia. Betapa banyak kedamaian itu membawaku sejak saya mulai benar-benar mencapai sesuatu bersamanya.

Sebenarnya saya sudah lama berbicara kepada ibu saya dan kami membahas topik agama. Kami sebenarnya berbicara tentang hidup dan mati, masa depan dan kapan dia akan pergi (mati, meninggal). Itu tidak akan lama, insyaallah. Tetapi saya memintanya untuk melakukan satu hal untuk saya. Saya berkata, “Bu, ketika Anda mati mungkin ada beberapa malaikat yang mengajukan pertanyaan kepada Anda, dan saya ingin Anda menjawabnya, dan saya tidak yakin persis bagaimana kelanjutannya, karena saya belum mati. Ingatlah bahwa hanya ada satu Tuhan, dan dia tidak pernah menjadi manusia.”

Dia berkata, “Saya tahu apa yang kamu coba katakan pada saya.”

Saya berkata, “Yesus bukan Tuhan, Ma.”

Beberapa dari apa yang saya tahu pasti muncul pada ibu saya. Dia bukan Muslim, tapi dia tahu hanya ada satu Tuhan. Dan itu membuat saya sangat senang. Saya tahu orang-orang yang telah beralih ke Islam, keluarganya telah mengusir mereka (menolak mereka). (A/RI-1/P1)

 

Bersambung: Everlast Dua Kali Bersyahadat (Bag.2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.