Produser Muslim Asal Amerika Razi Jafri Kunjungi Masjid Istiqlal

Kunjungan Razi Jafri, Produser muslim asal Amerika ke Perpustakaan Istiqlal, Jakarta, Ahad (17/3). (Foto: Laila/MINA)

Jakarta, MINA – Seorang produser film muslim asal Amerika, mengunjungi Perpustakaan untuk serangkaian lokakarya dan pemutaran film program (AFS) yang didukung oleh Kedutaan Besar Amerika di Jakarta, pada Ahad (17/3) sore.

Razi yang juga seorang fotografer, pembuat film, dan produser dokumenter yang berasal dari Kota Detroit ini akan melakukan kunjungannya ke beberapa kota di Indonesia pada 13-23 Maret 2024.

Program di Indonesia ini mencakup serangkaian kegiatan pengembangan keterampilan bagi para pembuat film muda dan diskusi dengan para penggemar film, juga pemutaran film “Hamtramck, USA” secara menyeluruh, salah satu filmnya yang mengisahkan kehidupan dan demokrasi di kota mayoritas Muslim pertama di AS.

Ia juga memproduksi “Three Chaplains,” yang bercerita tentang rohaniwan dan rohaniwati Muslim yang berupaya meningkatkan kebebasan beragama di militer AS.

Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah AS untuk menumbuhkan keberagaman dan pemahaman agama dengan menampilkan kisah keberagaman agama di Amerika Serikat.

Inisiatif ini menggarisbawahi komitmen Kedutaan Besar AS untuk merayakan dan merangkul tradisi keagamaan di seluruh dunia dan menggemakan perayaan 75 tahun hubungan AS-Indonesia dengan tema: Keberagaman, Demokrasi, Kemakmuran.

“Dengan menggunakan media film yang kuat, kami berupaya melibatkan penonton dalam percakapan bermakna tentang keindahan dan kompleksitas berbagai isu. Melalui program ini, kami berharap dapat melihat lebih banyak kolaborasi antara perusahaan film dan institusi pendidikan di bidang ini dan industri kreatif lainnya,” ujar Atase Kebudayaan Kedutaan Besar AS di Jakarta, Emily Norris.

Razi Jafri akan melakukan serangkaian lokakarya dan diskusi mengenai teknik bercerita dan pembuatan film dengan para pembuat film muda bekerja sama dengan sekolah film dan seni di Surabaya, Malang, Jakarta, Solo, dan Medan.

Kegiatan ini juga mencakup perbincangan tentang beragam pengalaman dan kontribusi komunitas Muslim di Amerika Serikat.

American Film Showcase (AFS) adalah inisiatif diplomasi budaya dari Departemen Luar Negeri AS, yang didukung oleh Biro Urusan Pendidikan dan Kebudayaan melalui hibah kepada Fakultas Seni Sinematik ternama di Southern California University. (L/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.