Fatah Protes Perayaan Deklarasi Balfour Inggris

Warga Palestina melakukan aksi protes. (Foto: MEE/Mohammad Turabi)

Ramallah, MINA – Komite Pusat Fatah pada Senin (10/16) menyerukan demonstrasi di luar Kedutaan Besar Inggris untuk memrotes perayaan yang menandai 100 tahun Inggris.

Pernyataan ini dikeluarkan oleh Komite Pusat Fatah yang mengatakan anggotanya merasa cemas atas desakan pemerintah Inggris untuk merayakan ulang tahun tersebut yang menandai dimulainya penyebaran pemalsuan sejarah Palestina dari tanah air mereka, demikian Wafa yang dikutip MINA.

Pada 2 November 1917 lalu, Menteri Luar Negeri Inggris menjanjikan kepada orang-orang sebuah “tanah air” di Palestina dengan mengabaikan status berdaulat negara dan keberadaan penduduk asli orang .

Komite menyerukan kepada warga Palestina dan Arab untuk menyatakan penolakan atas perayaan janji tersebut dan meminta pemerintah Inggris meminta maaf kepada orang-orang Palestina serta memberikan kompensasi dan hak sebagai sebuah negara merdeka.

Hal ini bentuk rekomendasi untuk mengajukan tuntutan atas deklarasi tersebut di pengadilan Inggris dan internasional. (T/R10/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)