FOTO ANADOLU AGENCY MENANGKAN PERHATIAN DUNIA

Tiga tentara Turki berusaha menancapkan bendera Turki di lokasi makam Suleyman Shah, Aleppo, Sabtu 21 Februari 2015. (Foto: Firat Yurdakul/AA)
Tiga tentara Turki berusaha menancapkan bendera Turki di lokasi Suleyman Shah, Aleppo, Sabtu 21 Februari 2015. (: Firat Yurdakul/AA)

Ankara, 6 Jumadil Awwal 1436/25 Februari 2015 (MINA) – Sebuah foto yang diambil selama operasi militer Turki di Suriah pada Sabtu, 21 Februari lalu, telah memenangkan perhatian internasional.

Pengamat membandingkannya dengan foto ikon Perang Dunia II, bergambar tentara Amerika Serikat mengibarkan bendera di pulau Iwo Jima, Jepang, Anadolu Agency melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Foto Anadolu yang diambil oleh wartawan Firat Yurdakul, menggambarkan tentara Turki mengibarkan bendera nasional di wilayah Ashme, Aleppo pada Sabtu, di mana makam baru Suleyman Shah – kakek pendiri Kekaisaran Ottoman – akan ditempatkan sementara.

Anadolu Agency mengirim tim profesional ke Suriah untuk meliput operasi militer “Shah Firat” yang mengevakuasi jenasah Suleyman Shah dan sekitar 40 tentara Turki yang menjaga wilayah makam di Desa Karakozak, timur laut Aleppo itu, ke lokasi yang lebih dekat dengan perbatasan selatan Turki.

Yurdakul mengambil foto bersejarah yang menyerupai foto Perang Dunia II yang terkenal dari Joe Rosenthal.

Kantor berita TIME mewawancarai Yurdakul melalui email.

“Tanpa keraguan, jurnalis foto muda seperti saya memiliki referensi umum, Joe Rosenthal adalah salah satu dari yang saya pikirkan ketika saya mengambil foto ini,” kata Yurdakul dalam wawancara. “Tapi itu benar-benar spontan,” tambahnya.

“Saya tidak berpikir tentara itu berpose untuk difoto. Bendera Turki memiliki arti penting dalam masyarakat kami, sehingga mereka berusaha melakukan upacara sebagai penghormatan yang mereka bisa,” tambah Yurdakul.

Operasi militer Shah Firat melibatkan hampir 600 orang tentara dan 39 tank. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0