FUI Jamin Aksi 212 Jilid Dua di DPR Damai

Pertemuan para ulama Jakarta dan sekitarnya dengan Anggota DPR RI di gedung parlemen pada Senin, 20 Januari 2017. (Foto: Rana Setiawan/MINA)

 

Jakarta, 22 Jumadil Awwal 1438/20 Februari 2017 (MINA) – Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al-Khaththath menegaskan aksi 21 Februari 2017 atau Aksi 212 Jilid Dua yang digelar Selasa di depan gedung DPR RI merupakan aksi damai untuk menyampaikan aspirasi rakyat.

Dalam aksi itu, lanjut dia, FUI akan menyampaikan desakan pemberhentian sementara Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

“Kami akan menyampaikan aspirasi, copot Gubernur (DKI Jakarta) terdakwa sesuai undang-undang. Sekitar 100 ribu massa dari berbagai daerah akan hadir besok,” kata Al-Khaththath saat pertemuan dengan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon dengan lebih dari 50 ulama dari berbagai ormas Islam, di gedung Parlemen, Senin (20/2).

Dalam pertemuan tersebut, Fadli didampingi Ketua Baleg DPR RI Suprtaman Andi Atgas dan Anggota Komisi III DPR RI Moreno Suprapto. Ulama yang hadir di antaranya dari perwakilan Ulama Bogor, Jama’ah Muslimin (Hizbullah), DPP Hidayatullah, Aliansi Ulama Madura, Majelis Mujahidin Indonesia, Syarikat Islam, PBHMI, pengacra GNPF MUI.

Selain itu, massa aksi juga akan menyampaikan tuntutan agar kepolisian menghentikan proses hukum pada sejumlah tokoh agama yang dinilai sebagai bentuk kriminalisasi.

Aksi 212 Jilid Dua akan digelar sejak pagi hari dan dipusatkan di depan Gedung DPR RI. “Rencananya aksi akan digelar sampai waktu zuhur jika tuntutan kami diterima. Kalau belum, kami akan koordinasi dengan para ulama apa langkah yang dilakukan selanjutnya,” jelasnya.

Fadli mengatakan, massa aksi 212 Jilid Dua akan diterima Komisi III DPR RI yang mewakili semua Fraksi.

“Kami sejalan dengan aspirasi Anda. Kami Langsung kirimkan surat aspirasi kepada bapak Presiden mengenai hal ini,” ujar Fadli.

Ada pun untuk hak angket, Fadli menjelaskan, usulan hak angket pemberhentian Gubernur Basuki Tjahaja Purnama baru ditandatangani empat fraksi dari keseluruhan 10 Fraksi.

“Kami terus melakukan lobi dengan fraksi lain. Hak angket selanjutnya harus melalui Paripurna,” ujarnya.

Koordinator Aksi 212 Jilid Dua Bernard Abdul Jabbar mengatakan, pihaknya telah memberikan surat pemberitahuan dan berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya terkait aksi ini.

Dia juga mengatakan telah berkoordinasi dengan 250 korlap dari 250 ormas Islam yang menjadi peserta aksi.

Bernard menjelaskan, massa yang datang esok berasal dari DKI Jakarta dan masyarakat di luar Jakarta yang mendukung tuntutan mereka. (L/R01/RI-1)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)