MENGGAPAI MIMPI

Gapai Mimpi

Gapai MimpiOleh: Septia Eka Putri

Di dalam mengarungi hidup dan mengerjakan amal kebajikan jadilah orang yang mempunyai semangat dan cita-cita, gesit dan cekatan, serta tidak malas dan lamban. Karena, dunia diperuntukkan hanya bagi orang yang mempunyai semangat dan cita-cita tinggi.

Dalam hidup ini ketahuilah ketika kita mempunyai suatu ide atau rencana segeralah ditulis dan disimpan jika kita lupa. Dan lebih baik lakukan segera agar bisa langsung di praktekan apa itu ide atau rencana yang telah kita rencanakan.

Hidup harus diiringi dengan semangat dan juang tinggi, tumbuhlah bersama orang yang mempunyai semangat dan jiwa tinggi dalam mengarungi mimpi-mipi atau cita-cita yang kita impikan. Jangan pernah merasa sendiri dalam hidup yang fana ini, selalu libatkan Allah di setiap aktifitas dalam hidup yang kita jalani.

Ubahlah setiap pola pikir yang menghalangi mimpi kita dalam melejitkan mimpi, ingat disaat musibah datang janganlah berfikir seolah hidup ini kejam, tapi berfikirlah setiap musibah datang, itu semua atas kehendak Allah, karena Allah sedang mempersiapkan rencana yang indah dalam hidup kita.

Hal ini Allah sudah jelaskan dalam Al-Qur’an, QS. Ar-Ra’d: 11 yaitu: “Sesugguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.”

Sepenggal arti ayat diatas menunjukkan bahwa, ketika kita tidak mampu untuk berubah dan diam saja apa yang terjadi tanpa ada solusinya maka kita akan tetap saja terpuruk pada tempat yang tidak akan memajukan kita. Lain haknya, ketika musibah datang dan kita bersyukur , siap menerima apapun cobaan, maka yakin dan percayalah untuk selalu berubah kearah yang lebih baik.

Yakin bahwa Allah akan selalu melihat, bersama, dan menyaksikan kita dalam setiap aktifitas yang kita lakukan.

Disetiap perjalan hidup ini kita diciptakan Allah untuk meraih ilmu, ilmu yang nantinya menjadi bekal kita di akhirat. Apapun mimpi itu, libatkan Allah disetiap perjalanan panjang dalam menggapai mimpi tersebut.

Jangan pernah goyah, jangan pernah, takut, dan jangan pernah merasa sendiri. Bermimpilah, Rasulullah juga punya mimpi. Gapai cita-cita dimana mimpi yang benar pasti dan tujuan yang baik yang akan memberi manfaat buat diri dan buat orang banyak.

Karenanya, jangan pernah patah semangat untuk melalui rintangan-rintangan tersebut, Bright friends! Simak beberapa inspirasi kunci meraih masa depan yang cerah menurut Bright friends berikut ini;

Pertama, Mimpi dan niat merupakan awal dari segalanya, dare to dream mengembangkan diri sendiri dan berusaha keras adalah kunci meraih masa depan yang cerah.   ~ Nick Kun 

Kedua, Jika yakin dengan kemampuan diri sendiri, maka kita akan berani mencoba hal atau tantangan baru. Sukses atau gagal, tidaklah jadi masalah! Karena yang terpenting, kita jangan pernah takut untuk maju sebelum berperang!. ~Tha Artha

Ketiga, Dari proses pengembangan diri, kita akan mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman. Ya! Ilmu dan pengalaman adalah guru terbaik untuk bisa meraih masa depan yang cerah dan cemerlang. Kedua kunci tersebut pun harus saling menopang satu sama lain agar tujuan bisa tercapai! ~Dendy

Keempat, Optimis dan yakin akan kemampuan diri sendiri, menjadi kunci dalam meraih masa depan yang cerah! Pokoknya, jangan sampai kegagalan menjadi halangan untuk meraih masa depan yang cerah. Belajarlah selalu dari kegagalan, dan jangan lupa untuk menghargai setiap usaha yang kita buat. Life is a place to learn!. ~ Diana Arinanda

Kelima, Kunci untuk memiliki masa depan yang cerah adalah menabung dan berinvestasi sejak dini. Lalu, jangan lupa juga untuk memiliki pola hidup yang sehat!. ~ Mediana Magdalena 

Keenam, Dengan cara giat bekerja pada masa produktif dan tahu cara mengatur keuangan dengan baik, niscaya masa depan akan cerah dan cemerlang. ~ Dedy Oktavianus.

Ketujuh, Disiplin merupakan kunci untuk bisa meraih masa depan cerah. Hanya saja, kita harus bisa selalu fokus, teratur dan terarah dengan apa yang dibangun serta jalankan sedari awal, demi mewujudkan masa depan yang cerah!. ~ Ayu Noorma Diana

Kedelapan, Kunci dalam meraih masa depan cerah ada saat kita bisa menghargai dan membahagiakan orang lain. Karena menghargai orang lain sama dengan menghargai diri sendiri, dimana pada akhirnya akan membawa banyak kebahagiaan. ~ Asep Ruswandi

Kesembilan, Man Jadda Wa Jadda !!, Siapa yang bersungguh-sungguh pasti mendapat, Ingat ! selalu libatkan Allah disetiap perjalanan hidup ini. ~ Septia Eka Putri

So, Bright friends, bagaimana dengan Kita? Apa inpirasi cara yang menjadi kunci untuk meraih masa depan yang cerah?

Jadi, tanamkan dalam diri kita. Bahwa, kita yakin dan Bisa untuk menjadi Sang Pemenang dalam menggapai mimpi dan cita-cita.

Jika gagal dalam menggapai mimpi. Ingat, “kuncinya hanya satu berani mencoba dan terus belajar dari kegagaln yang di alami.”

Menggapai Kesuksesan Setelah Mengalami Kegagalan.

Berikut tips-tips yang bisa kita lakukan:

Pertama, Rubahlah pemahaman tentang arti kesuksesan yang selama ini kita inginkan, bahwa kesuksesan bukan terletak pada tercapainya tujuan yang selama ini  diinginkan. Kesuksesan adalah sebuah fase kebangkitan setelah mengalami kegagalan dimana kita masih memiliki jiwa berjuang untuk memulai kembali dari nol setelah mengalami kegagalan.

Kedua, Selalu berpikir positif dengan kegagalan yang dialami. Jangan pernah memilliki pemikiran negative terlebih menyalahkan orang lain atau diri sendiri akan kegagalan yang dialami. Agar tidak terlarut dalam penyesalan yang berkepanjangan, yang menghambat untuk mendapatkan solusi, dan dapat mendapat pelajaran berharga.

Ketiga, Belajar dari kegagalan yang  dialami. Seorang filosof berkata orang sukses adalah orang yang selalu melihat peluang dalam setiap kesulitan sedangkan seorang pecundang selalu melihat kesulitan dalam setiap peluang. Adanya kegagalan memberikan kesempatan agar dapat mempelajari penyebab kegagalan dan mencari solusi agar hal-hal penyebab kegagalan tidak terulangi untuk kedua kalinya. Sehingga dapat mengetahui jalan mana yang salah dan mana yang benar.

Keempat, Miliki persepsi bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya karena kegagalan selalu bersifat sementara. Satu kali, dua kali, bahkan sepuluh kali gagal bukanlah akhir dari segalanya dan semua bisa diselesaikan jika kita mau merubahnya. Jadikan kegagalan seperti orang yang terjatuh dari sepeda, rasa sakitnya tidak akan lama jika orang tersebut langsung bangkit dan mencari obat untuk mengobati lukanya. Begitu pula dengan kegagalan, tidak akan terasa lama jika kita langsung bangkit dan mencari solusi dari kegagalan yang kita alami. Mungkin kita pernah mendengar penemu bola lampu Thomas alfa Edison, setelah mengalami 999 kali kegagalan akhirnya dia dapat merubahnya dengan kesuksesan. Selain dia dapat menciptakan bola lampu dia juga mendapat pelajaran berharga dari kegagalannya bahwa dia menemukan 999 benda yang tidak dapat di aliri listrik.

Subhanallah, begitu besar kuasa Allah, begitu banyak yang Allah berikan kepada kita dalam mengarungi hidup ini. Bersyukurlah, tiap kegagalan ada hikamh dibalik itu semua.

Hidup penuh pilihan. Apa yg kita pilih , hari ini akan menentukan masa depan. Pilihlah yg membuat kita jadi pribadi yg lebih baik.

People become really quite remarkable when they start thinking that they can do things. When they believe in themselves, they have the first secret of success.

Manusia akan memiliki kekuatan yang luar biasa bila mereka mulai yakin akan kemampuan meraka melakukan hal-hal yang semula mereka kira tidak mungkin bisa mereka lakukan. Ketika manusia mulai percaya pada kemampuan mereka, mereka memiliki kunci sukses mereka yang pertama.

~  N orman Vincent Peale  ~

Inilah mimpi. Gapailah mimipi, tak ada kata menyerah dan takut, tak ada kata mengeluh. Bismillah, dan libatkan Allah.(Putri/R2)

Mi’raj Islamic News Agency

 

 

 

 

 

Comments: 0