Gegara Kursi Roda, Menteri Energi Israel Gagal Hadiri KTT Iklim COP26

Menteri Energi Israel Karine Elharrar. (Foto: Michal Fattal)

Glasgow, MINA – Menteri Energi Israel Karine Elharrar akan bertemu dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson di COP26 pada Selasa (2/11), sehari setelah dia dilarang memasuki lokasi dengan kursi rodanya.

Dalam insiden yang mempermalukan tuan rumah konferensi Glasgow, Elharrar melewatkan acara Senin ketika staf keamanan tidak mengizinkan mobilnya lewat, kata juru bicara menteri, Nahar Net melaporkan.

Media Inggris melaporkan, Elharrar tidak dapat mencapai lokasi karena bus antar-jemput yang membawa orang ke tempat tersebut tidak cocok untuk kursi roda.

Kantor Perdana Naftali Bennett mengatakan, delegasi menghabiskan dua jam mencoba untuk memfasilitasi masuknya Elharrar, tetapi akhirnya gagal “karena tidak sepenuhnya dapat diakses kursi roda”, dan ia mengeluarkan keluhan resmi.

Elharrar mengatakan, “sangat menyedihkan bahwa PBB, yang mempromosikan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, pada tahun 2021, tidak mengatur aksesibilitas dalam acaranya”.

“Saya berharap pelajaran yang diperlukan dapat dipelajari sehingga besok saya dapat mengatasi mempromosikan energi hijau, menghilangkan hambatan dan efisiensi energi,” tulisnya di Twitter, Senin (1/11).

Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly mengatakan dia “sangat kecewa dan frustrasi” karena Elharrar tidak dapat mengakses KTT pada hari Senin.

Duta Besar London untuk Israel, Neil Wigan, mengatakan: “Saya meminta maaf secara mendalam dan tulus.”

Keduanya sepakat bahwa Elharrar “akan mencapai tempat tersebut bersama Bennett dan berpartisipasi dalam pertemuan dengan Johnson,” menurut sumber Israel. (T/RI-1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)