Gempa Kuat Guncang Italia Tengah, Banyak Bangunan Hancur

Perugia, 29 Muharram 1438/30 Oktober 2016 (MINA) – Gempa kuat melanda wilayah dekat kota Norcia, bagian tengah, Ahad (30/10) pagi, menghancurkan banyak bangunan, menurut BBC.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat melaporkan gempa berkekuatan 6,6 pada skala Richter (SR) dengan kedalaman 1,5 kilometer. Pusat gempa terletak di 68 kilomter tenggara daerah Perugia, dekat dengan kota kecil Norcia.

Gempa terjadi hampir dua bulan setelah sebuah gempa besar yang menewaskan 300 orang dan menghancurkan beberapa kota pada Agustus lalu.

Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa, namun getaran terasa sampai ke ibu kota Italia, Roma. Para pastor di biara San Benedetto, sebuah komunitas Benediktus internasional di Norcia, merilis foto Basilika Santo Benediktus yang hancur karena gempa.

Penduduk yang ketakutan langsung berlari ke daerah terbuka dan jalanaan setelah gempa, yang terjadi sekitar pukul 07:40 waktu setempat atau 13:40 WIB.

Wali kota Ussita mengatakan kepada kantor berita Ansa, “Segala sesuatu runtuh. Saya melihat gumpalan asap, ini bencana. Saya sedang tidur di dalam mobil dan saya melihat neraka.”

Tiga orang telah berhasil diselamatkan dari reruntuhan di kota Marche, Tolentino, koran Italia La Stampa melaporkan. Ada laporan beberapa bangunan runtuh di kota berpenduduk sekitar 20.000 orang itu.

Kota-kota terdekat seperti Castelsantangelo, Preci, dan Visso telah ditinggalkan banyak penduduk setelah dua gempa terjadi minggu lalu, yang berkekuatan 5,5 dan 6,1 SR masing-masing. Layanan metro di Roma telah ditangguhkan sejak gempa itu. (P022/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Syauqi S

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.