Gereja-Gereja Kristen Yerusalem Tolak Pemukim Yahudi Israel

Pendeta Kristen Ortodoks mengambil bagian dalam prosesi Minggu Palm di gereja Makam Suci di Kota Tua Yerusalem pada 17 April.[sumber: Getty]

Yerusalem, MINA – Gereja-gereja di Yerusalem mengangkat senjata melawan “radikal” Yahudi yang menetap di Kawasan Kristen dan mengancam keseimbangan agama yang rapuh di Kota Suci kuno itu.

“Kami memiliki masalah besar di sini,” kata Patriark Ortodoks Yunani Theophilus III di Kota Tua Yerusalem, yang terbagi menjadi kawasan bersejarah Yahudi, Muslim, Kristen, dan Armenia.

“Yerusalem juga memiliki karakter Kristennya, dan itulah yang terancam,” katanya, saat umat Kristen bersiap untuk perayaan Paskah, The New Arab melaporkan.

Patriark itu menuduh pemukim Yahudi garis keras, yang dikenal mencoba mengambil alih properti keluarga Palestina, juga melancarkan kampanye untuk menguasai tanah milik orang Kristen.

“Orang-orang radikal itu didorong oleh ideologi mereka,” kata Theophilus III. “Ideologi mereka adalah sindrom mesianisme ketika mereka mengklaim ‘kami ingin menebus Tanah Suci dari kaum profan’.”

Baca Juga:  Misi Dagang UEA di Indonesia Gali Potensi Peningkatan Perdagangan Non-Minyak

Kelompok pemukim nasionalis Ateret Cohanim telah bekerja untuk “Yudaise” Yerusalem timur – sebuah sektor Palestina yang dianeksasi secara ilegal oleh menurut PBB – dengan membeli real estat melalui perusahaan dan kemudian memindahkan pemukim Yahudi.

Sejak tahun 2005, kelompok tersebut dan gereja Ortodoks telah terlibat dalam perselisihan hukum yang kompleks atas kepemilikan sebuah asrama Kota Tua di pintu masuk Gerbang Jaffa ke Christian Quarter.

Perselisihan masuk ke babak baru pada 27 Maret, ketika pemukim Yahudi mengambil alih sebagian dari Hotel Petra dengan “mendobrak dan masuk”, menurut Gereja Ortodoks Yunani.

Theophilus III mengatakan, pemerintah Israel “berjanji kepada kami bahwa mereka akan mencoba yang terbaik untuk menangani masalah ini, dan menekan kelompok-kelompok radikal untuk keluar”.

Namun, setelah lebih dari dua pekan, para pemukim masih ada, katanya.

“Sepertinya negara tidak memiliki kekuatan atau kemauan untuk (menekan) orang-orang itu,” tambahnya.

Baca Juga:  Militer Israel Paksa Ratusan Ribu Warga di Rafah Mengungsi

Ofran memperingatkan bahwa “jika mereka berhasil, ini akan mengubah seluruh karakter Kota Tua – dan tentu saja Kawasan Kristen.”

Sekitar 300 pemukim Yahudi sudah tinggal di Christian Quarter.

Gereja-gereja telah menyuarakan kekhawatiran tentang tren tersebut, serta tindakan vandalisme dan agresi anti-Kristen, dengan alasan masalah tersebut melampaui jantung kuno Yerusalem.

Di pinggiran Kota Tua, di Bukit Zaitun, di mana beberapa gereja terkemuka berdiri, Israel berencana memperluas taman yang akan merambah tanah milik lembaga-lembaga Kristen.

Tiga komunitas yang bersangkutan – Ortodoks Yunani, Armenia dan Fransiskan – mengirim surat dengan kata-kata keras kepada pihak berwenang pada bulan Februari 2022.

“Dalam beberapa tahun terakhir, kami merasa bahwa berbagai entitas berusaha untuk meminimalkan, tidak untuk mengatakan menghilangkan, karakteristik non-Yahudi dari Kota Suci dengan mencoba mengubah status quo di gunung suci,” tulis mereka.

Baca Juga:  OKI Serukan Penghentian Genosida Israel terhadap Warga Palestina

 

Surat itu menuduh bahwa “setelah upaya mereka gagal, mereka menggunakan kekuatan hukum, dengan memajukan rencana untuk menyatakan sebagian besar gunung sebagai taman nasional”.

Pemerintah untuk sementara menarik proyek tersebut dari agendanya.

Pada bulan Desember, Israel marah dengan komentar yang dibuat oleh Uskup Agung Canterbury, Justin Welby, Kepala Gereja Anglikan, yang menuduh bahwa peningkatan serangan dan perusakan tempat-tempat suci adalah “upaya bersama” untuk mengusir orang-orang Kristen.

Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan, tuduhan itu “tidak berdasar dan mendistorsi realitas komunitas Kristen di Israel”.

Ofran, aktivis Peace Now, mengatakan, pemerintah hanya melakukan minimal – dan bahkan “melindungi para pemukim” Yahudi dengan pasukan polisinya, yang gagal mengusir mereka.

Pastor Nikodemus Schnabel, dari komunitas Benediktin di Gunung Sion, yang berdekatan dengan Kota Tua, mengatakan bahwa “ini benar-benar menjadi perhatian, bahwa Israel telah menutup mata”. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.