Gubernur Anies Bertemu Dubes Negara G-20 Bahas Program SDGs

Gubernur Anies diapit oleh Dubes Jepang (kanan) dan Dubes AS (Kiri) (foto: PPID)

Balaikota Jakarta, MINA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan kembali menyelenggarakan Diplomatic 2019, yang kali ini bersama para Duta Besar (Dubes) Negara-negara G20 di Ruang Sunda Kelapa, Gedung Balai Kota, Jakarta Pusat pada Selasa (30/4).

“Pada hari ini kami menerima para Duta Besar dari negara-negara yang tergabung dalam G20, dan kita bertukar pandangan tentang apa yang dikerjakan di Jakarta dan juga bagaimana kita bisa bekerja sama lebih baik,” kata Anies.

Dalam pertemuan menyampaikan program yang dilakukan untuk mendukung program Pembangunan Tujuan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), yang diantaranya adalah: peresmian pembangunan Intermediate Treatment Facility di Sunter, menjadi salah satu langkah Jakarta dalam penanggulangan climate change, terutama sebagai solusi masalah persampahan.

Kemudian, penyelenggaraan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB/Car Free Day) setiap hari Ahad di Jalan Sudirman-Thamrin, sebagai bentuk komitmen Jakarta dalam penanggulangan climate change, khususnya sebagai perbaikan kualitas udara.

Berikutnya, Pencegahan dan Perlindungan Kekerasan terhadap Wanita dan Anak melalui pembentukan Unit Reaksi Cepat dan pembangunan Rumah Aman. Peningkatan aksesibilitas bagi para penyandang difabel. Seluruh ruang dan fasilitas publik dapat diakses para penyandang difabel.

Penyediaan perumahan melalui skema pendanaan uang muka nol rupiah (DP 0 Rupiah). Pengembangan dan pengelolaan air bersih.

Open Data (Portal Pemprov DKI Jakarta yang terintegrasi untuk diakses publik – transparansi), dan peningkatan layanan pengaduan masyarakat melalui open house Kecamatan dan aplikasi Citizen Relation Management (CRM).

Anies menjelaskan, Diplomatic Corps Gathering diadakan setiap dua tahun guna mempererat hubungan diplomatik antar masing-masing Perwakilan Negara Asing (PNA) di Jakarta dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian/Lembaga terkait.

Pelaksanaan Diplomatic Corps Gathering juga sebagai momen bagi Pemprov DKI Jakarta dalam mendukung hubungan bilateral antara Indonesia dengan para Dubes, termasuk pembahasan situasi kontemporer yang terjadi di Indonesia.

Kegiatan Diplomatic Corps Gathering 2019 kali ini dibagi menjadi empat sesi yang dilakukan selama bulan April dengan mengundang total 102 Duta Besar negara-negara sahabat untuk Indonesia.

Sebelumnya, Pemprov DKI telah mengadakan pertemuan dengan Dubes Negara-negara Benua Asia Pasifik sebanyak 23 negara. Kemudian dengan Dubes Negara-negara Benua Amerika, Afrika, dan Timur Tengah di luar G20 sebanyak 36 negara, dan dengan Dubes Negara-negara Benua Eropa sebanyak 25 negara.

Indonesia adalah salah satu negara G-20. (L/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.