Gubernur Anies Pimpin Upacara Peringatan Sumpah Pemuda

Jakarta, MINA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka peringatan ke-91 Tahun 2019, di Lapangan Silang Monas Selatan, Jakarta Pusat, Senin (28/10).

Gubernur Provinisi DKI Jakarta, Anies Baswedan yang bertindak menjadi Inspekstur Upacara turut membacakan Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, serta teks Pancasila.

Dalam upacara yang mengangkat tema “Bersatu Kita Maju” ini, Gubernur Anies menegaskan, tugas Pemprov DKI Jakarta adalah menjaga dan merawat persatuan dengan cara menghadirkan keadilan bagi seluruh warga Jakarta.

“Salah satu cara terpenting dalam menjaga persatuan adalah dengan menghadirkan perasaan keadilan,” kata di Jakarta.

Hal ini, kata Gubernur Anies, merupakan tantangan bagi Pemprov DKI Jakarta, serta salah satu cara untuk memaknai Hari Sumpah Pemuda dengan meneruskan semangat dan perjuangan para pemuda pada masa perjuangan kemerdekaan dalam mempersatukan bangsa dan negara Indonesia.

“Dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober ini, saya sampaikan kepada seluruh jajaran, jika dulu anak muda berhasil menemukan tantangan di zamannya yaitu membentuk persatuan, maka tantangan kita sekarang adalah menghadirkan keadilan, semua kebijakan kita harus bisa menghadirkan rasa keadilan,” kata Gubernur Anies.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dengan cara seperti itu maka muncul persatuan. Nah ini dimulai dari mana? Dari segala macam kebijakan, keseteraan itu menjadi penting sekali. (Sebab) sulit membangun persatuan dalam ketimpangan dan ketidakadilan,” ujar Gubernur Anies.

Lebih lanjut, Gubernur Anies menambahkan, kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh Pemprov DKI Jakarta haruslah kebijakan yang mendorong terjadinya rasa keadilan, baik dari mulai perumusan sampai dengan tahap implementasi.

Ia menambahkan, dalam menghadrikam rasa keadilan ini harus ada usaha serius dari semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat, agar masyarakat Indonesia, khususnya kota Jakarta bisa terus bersatu. Gubernur Anies berharap, peringatan 91 tahun Sumpah Pemuda ini menjadi betul-betul pengingat bagi semua pihak.

“Tugas kita semua sekarang adalah memastikan di Jakarta semua kebijakan, sampai eksekusi, seluruhnya harus mencerminkan semangat dan menghadirkan keadilan sosial bagi warga Jakarta. Jika ada keadilan sosial dan ada perasaan kesetaraan, maka muncul persatuan,” katanya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan, kebijakan-kebinakan yang dibuat harus kebijakan mendorong terjadinya rasa keadilan, apalagi tuntutan merdeka adalah menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat. Tantangan terbesar adalah merawat persatuan, persatuan terus diusahakan.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Anies menyerahkan Piagam Penghargaan kepada tiga orang siswa yang terpilih sebagai Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas Angkutan Jalan Tingkat Provinisi DKI Jakarta Tahun 2019.

Ketiga pelajar tersebut adalah Muhammad Bintang Iftitah dari SMA Negeri Unggulan MH Thamrin Jakarta sebagai Juara I; Azahra Ullum dari SMK Negeri 8 sebagai Juara II; dan Muhammad Arif dari SMA Negeri 62 Jakarta sebagai Juara III. (L/R06/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)