Gubernur Lemhannas: IKAL Harus Jadi Tempat Bersandar Seluruh Komponen Bangsa

Jakarta, MINA – Gubernur Lemhannas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menegaskan, Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL) Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (), harus tumbuh dan berkembang sebagai tempat bersandar bagi seluruh komponen bangsa yang mendambakan Indonesia bersatu, maju, dan sejahtera.

Penegasan Gubernur Lemhannas tersebut disampaikan pada Upacara Pelantikan Dewan Pengurus Pusat DPP IKAL masa bhakti tahun 2020-2025 di ruang konstitusi gedung Lemhannas Jakarta, Kamis (15/10), demikian keterangan tertulis yang diterima MINA.

“Kehadiran alumni Lemhannas yang tersebar di seluruh Indonesia perlu diberdayakan dan dimanfaatkan untuk memyosialisasikan nilai-nilai kebangsaan dalam berbagai aktivitas yang termuat dalam misi IKAL Anggota IKAL juga harus membangun dan meningkatkan kebersamaan dalam rangka memperkuat komitment pengabdian pada bangsa dan Negara,” kata Agus Widjojo.

Dalam konteks persatuan dan kesatuan bangsa, Gubernur Lemhannas mengingatkan seluruh anggota IKAL Lemhannas agar menjaga nama baik dengan tidak memberikan komentar maupun pernyataan-pernyataan yang dapat memecah persatuan dan kesatuan apalagi jika terkait dengan politik praktis.

Jika hal itu terjadi, maka IKAL Lemhannas sebagai organisasi dapat menegur, memberikan sanksi bahkan mencabut status keanggotaan IKAL: bagi yang bersangkutan.

Munas IV IKAL Lemhannas yang berlangsung pada 27 Agustus 2020 di Jakarta telah menetapkan Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar sebagai Ketua Umum masa bhakti Tahun 2020-2025. Dalam kesempatan tersebut Agum Gumelar menyatakan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan dan berjanji akan melaksanakan amanah anggota IKAL dengan sebaik-baiknya.

Agum Gumelar mengatakan, tugas utama IKAL Lemhannas apalagi disaat Indonesia menghadapi pandemi Covid 19 adalah sikap peduli untuk terus merajut persatuan dan kesatuan bangsa, meningkatkan disiplin mematuhi protokol kesehatan serta memberikan masukan positif kepada pemerintah Pusat dan daerah dalam kehidupan demokrasi dengan cara-cara yang beretika, elegan dan patuh pada hukum yang berlaku.

Dewan Pengurus Pusat DPP IKAL Lemhannas 2020-2025 terdiri Ketua Umum Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, Waketum I Dr. Ir. Mustafa Abubakar MSi, Waketum II Komjenpol (Purn) Togar M Sianipar MSi, Sekjen Marsdya TNI (Purn) Daryatmo SiP, dan Bendahara Umum Dadan Irawan Sarpingi MIBA, berikut jajaran pengurus.

Dalam masa bhakti kepengurusan Tahun 2015-2020 IKAL Lemhannas berhasil membentuk 30 Komisariat IKAL Propinsi seluruh Indonesia, secara marathon melakukan serangkaian kegiatan pengkajian masalah-masalah strategis kebangsaan, melakukan bhakti sosial kemasyarakatan berskala nasional dan daerah. (R/R1/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.