25 Finalis BAZNAS Santripreneur Ikuti Pemantapan Nilai Kebangsaan Lemhannas

25 Finalis BAZNAS Santripreneur Ikuti Pemantapan Nilai Kebangsaan Lemhannas (foto: Sajadi/MINA)

Jakarta, MINA – Sebanyak 25 santri finalis Kompetisi Perencanaan Bisnis BAZNAS 2023 mengikuti pemantapan nilai kebangsaan dari Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI di Jakarta.

Pemantapan nilai kebangsaan merupakan bagian dari kegiatan Camp Kompetisi selama tiga hari di Jakarta pada 12-14 Agustus 2023 yang akan menentukan 10 Grand Finalis dan tiga pemenang utama.

“Ini sebagai bentuk aman NKRI. Bahwa anak-anak ini harus selesai ideologisasinya,” kata Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan usai membuka kegiatan Camp Kompetisi BAZNAS Santripreneur di gedung Lemhanas RI Jakarta, Sabtu (12/8).

Saidah menyebut, BAZNAS Santripreneur merupakan program pemberdayaan bagi para lulusan pesantren dan santri yang sedang menempuh pendidikan tingkat akhir.

Baca Juga:  Jatim Komitmen Wujudkan Ekosistem Produk Halal

“Tujuan program ini untuk mewujudkan generasi santri yang produktif, inovatif tangguh dan mandiri secara ekonomi sesuai dengan syariat Islam,” katanya.

Saidah mengatakan, dari data Kementerian Agama tahun 2022 jumlah pesantren di sebanyak 34.632 dengan jumlah santri 4.766.632.

Menurutnya, jumlah sebesar ini adalah peluang untuk mengembangkan kemampuan di kalangan santri milenial pada bidang kewirausahaan.

Saidah berharap, ke depan para santri milenial ini dapat mengambil peran dalam perekonomian nasional terutama di sektor kewirausahaan.

Sementara itu, Deputi Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas Laksamana Muda TNI (Purn.) Edi Sucipto menyambut baik kerja sama dengan BAZNAS.

Ia menyebut materi yang akan diberikan dalam pemantapan nilai kebangsaan berdasarkan Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga:  Ratusan Mahasiswa UI Berkumpul di Perkemahan Solidaritas Palestina

“Karena kita hidup di negara yang punya kerentanan cukup tinggi karena keragaman, dengan nilai kebangsaan diharapkan bisa tetap hidup dalam bingkai keragaman itu, “katanya.

BAZNAS Santripreneur adalah program BAZNAS RI yang diluncurkan pada tahun 2022. Peserta program ini adalah santri dan alumni santri, pria maupun wanita, yang memiliki semangat kewirausahaan.

Rentang usia peserta disyaratkan antara 17-35 tahun, memiliki penghasilan di bawah Rp 2 juta per bulan serta memiliki bisnis yang sudah berjalan atau dalam tahap perencanaan.

Camp Kompetisi BAZNAS Santripreneur merupakan rangkaian dari seluruh Program BAZNAS Santripreneur. Peserta program kompetisi angkatan pertama ini terdiri 50 peserta yang terpilih dari 1.152 pendaftar.

Baca Juga:  Pj Gubernur Babel Dukung Ijtima Ulama se-Indonesia ke-VIII

Para peserta yang lolos dalam kompetisi akan diberikan bantuan modal usaha oleh BAZNAS dari Rp5 juta hingga Rp20 juta.

Tahap pelaksanaan kompetisi dimulai dari Rekrutmen, Asesmen, Pitching Audition, Camp Program dan Training yang diikuti oleh 25 peserta terseleksi, serta Grand Final yang diikuti oleh 10 peserta terbaik.

Setelah mendapat modal dari BAZNAS peserta kompetisi Santripreneur akan mendapatkan pendampingan selama satu tahun sampai mereka benar-benar bisa mandiri dalam menjalankan usahanya. (L/RE/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.