Gunung Berapi di Islandia Meletus Keluarkan Lava Panas

Reykjavík, MINA – Gunung berapi di Islandia mengguncang wilayah tersebut sejak Selasa (19/12) waktu setempat, letusannya mengalirkan lava panas hingga ke desa-desa sekitar.

Kantor Meteorologi Islandia (IMO) dalam sebuah pernyataan menyebut, letusan di semenanjung Reykjanes itu menghasilkan aliran lava besar, yang dihasilkan dari tiga kawah.

Memasuki hari kedua letusan pada Rabu (20/12) kemarin, otoritas setempat menyebut intensitas letusan mulai berkurang dan lava hanya keluar dari dua kawah.

“Kekuatan letusan semakin berkurang seiring berjalannya waktu, begitu juga dengan kegempaan dan deformasi,” kata pihak IMO dalam update terbarunya.

Letusan yang menimbulkan keretakan di tanah sepanjang sekitar empat kilometer, berjarak hanya tiga kilometer dari pelabuhan perikanan Grindavik.

Baca Juga:  Indonesia Jamin Keamanan WWF ke-10 dari Ancaman Radioaktif dan Nuklir

Akibat letusan ini, akses masuk ke Grindavik akan ditutup sementara hingga 28 Desember, sampai ada informasi terbaru.

“Penduduk Grindavik tidak akan bisa berada di rumah saat Natal,” kata Kepala Perlindungan Sopil dan Manajemen Darurat Islandia, Vidir Reynisson.

Letusan gunung berapi beberapa kali terjadi di Islandia, yang menjadi rumah bagi 33 gunung berapi aktif dengan jumlah tertinggi di Eropa.

Namun semenanjung Reykjanes belum pernah mengalami letusan selama delapan abad, hingga terakhir pada tahun 2021. (T/R4/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ali Farkhan Tsani