Guru PAI TK Berperan Penting Kenalkan Nilai Moderasi Beragama

Jakarta, MINA – Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Taman Kanak-Kanak (TK) memiliki peran penting dalam pembentukan dasar karakter peserta didik, termasuk berkontribusi dalam mengenalkan nilai pada peserta didik jenjang TK.

pada Taman Kanak-Kanak berperan penting dalam mengenalkan nilai-nilai moderasi beragama,” kata Direktur PAI Amrullah pada gelaran Hari Ulang Tahun Forum Komunikasi Guru Agama Islam Taman Kanak-Kanak (FKGPAI TK) ke-13 di Jakarta, Ahad (10/4).

“Kementerian Agama merasa bangga dan berterima kasih atas peran dalam turut serta mengenalkan nilai moderasi beragama bagi peserta didik TK,” sambungnya.

Amrullah menambahkan, sebagai salah satu program unggulan Kementerian Agama, insersi dan adaptasi moderasi beragama telah direspons dengan baik oleh guru PAI TK. Dirinya juga ikut memberikan ucapan selamat dan dukungan atas kiprah FKGPAI TK.

“Selamat atas momen Hari Lahir FKGPAI TK ke-13. Kemitraan FKGPAI TK dan Kemenag harus terus ditingkatkan kualitasnya,” tuturnya.

Mengambil tema kegiatan “Menjadi GPAI Tangguh, Profesional, dan Responsif Terhadap Perubahan”, Harlah ke-13 FKGPAI TK dilaksanakan secara virtual.

Sebagai organisasi mitra pemerintah, FKGPAI TK dinilai berandil signifikan dan berkontribusi dalam turut serta menyosialisasikan kebijakan Kementerian Agama dalam ranah PAI TK.  Kasubdit PAI pada PAUD dan TK, Lelis Tsuroya Herniatin, mengingatkan perlunya guru PAI TK untuk meningkatkan mutu di berbagai bidang.

“Dengan terus meningkatkan kualitas diri, guru PAI TK diharapkan mampu menjaga marwah sebagai guru Pendidikan Agama Islam walau regulasinya masih lemah dan memerlukan berbagai penguatan dan terobosan,” kata Lelis.

Lelis juga menilai peran penting FKGPAI TK, yakni sebagai jembatan kolaborasi antaranggota, penyedia jejaring informasi, dan peran penting lainnya.

Dalam sambutannya, ketua FKGPAI TK Nasional Entin Kartini menjelaskan makna tema Harlah.

“Tema Harlah FKGPAI TK menggambarkan cita-cita mulia untuk mewujudkan GPAI TK yang berkualitas dan senantiasa meningkatkan kompetensinya sesuai dengan tuntutan zaman,” jelasnya. (R/R5/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.