Hadapi Pandemi Lembaga Amal Lakukan Konvoi Al-Aqsa

Yerusalem, MINA – Tidak berhenti melakukan santunan seperti tahun-tahun sebelumnya, terutama buka bersama di Msjidil Aqsa pada masa pandemi, lembaga amal di Palestina melakukan inisiatif “Karavan Kebaikan” berupa pendistribusian paket buka bersama ke rumah-rumah warga yang memerlukan.

Asosiasi Al-Aqsa yang berafiliasi dengan Gerakan Islam Selatan di wilayah yang diduduki Israel itu, memusatkan kegiatan di kota Silwan dan menjelajahi lorong-lorongnya.

Mereka juga membagi-bagikan hadiah kepada anak-anak bekerja sama dengan kelompok masyarakat Shababak.

Manajer Proyek Muhammad Nawfal menyampaikan kepada Al Jazeera, Senin (18/5), lembaganya biasanya seperti tahun lalu mengkoordinir 1.200 bus untuk jamaah pergi ke Al-Aqsa untuk shalat tarawih.

“Tahun ini tidak dapat menjalankan bus apa pun untuk mengangkut orang-orang ke Al-Aqsa, karena Masjid Al-Aqsa ditutup untuk pencegahan virus corona. Kami menggantinya dengan menghias truk-truk bantuan dengan dekorasi Ramadhan,” ujar Nawfal.

Baca Juga:  Hamas: Agresi Zionis telah Membunuh 70 Persen Sandera Israel

Menurutnya, cara ini diharapkan membuat orang-orang Yerusalem keluar dari beban dan tekanan karantina wilayah.

“Para donator dalam negeri menitipkan sumbangan mereka ke dalam konvoi kebahagiaan untuk 1.000 keranjang makanan untuk keluarga miskin di kota Kafr Qasim,” katanya.

Nawfal juga mengatakan, utuk menumbuhkan kegembiraan di kalangan anak-anak, pihknya membagi-bagian hadiah berupa buku gambar, pensil warna, alat-alat permainan, dan kisah-kisah tentang Al-Aqsa.

Pekerjaan mereka tidak begitu mudah dilakukan, karena hasrus melewati beberapa cek point polisi Israel, yang seringkali menghambat waktu hingga empat jam perjalanan konvoi.

Beberapa rekan lainnya, seperti Dawood Totah dan Izzat Al-Natsheh, anggota klub badut Shabab, mengiringi konvoi saat pembagian bantuan dengan atraksi kocak di lapangan sambil menjaga jarak aman,

Baca Juga:  Empat Warga Palestina Syahid Akibat Serangan Udara Israel

Mereka membiarkan warga setempat untuk menonton ukup dari atap dan jendela rumah masing-masing.

Asosiasi selama ini telah mendsitribusikan 50.000 paket makanan buka puasa untuk warga di lingkungan Kota Tua Yerusalem, , Silwan, dan Sheikh Jarrah.

“Kami juga sangat terharu, dapat menyalurkan paket santunan 300 anak yatim, berupa pakaian untuk Idul Fitri dan mainan,” imbuh Nawfal.

Tim seniman melangsungkan show hiburan melalui siaran langsung di halaman Facebook asosiasi, sehingga anak-anak tetap dapat merayakannya di rumah masing-masing. (T/RS2/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf