Hari Pengungsi Dunia 2020: Pesan dan Jumlah

Krisis pengungsi berkembang. (Getty)

Untuk Hari Sedunia (World Refugee Day) tahun ini, 20 Juni 2020, badan pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa menyebarkan pesan bahwa “setiap tindakan diperhitungkan” karena dunia dihadapkan pada rekor jumlah orang yang terlantar akibat perang, cuaca ekstrem, dan pandemi virus corona baru (COVID-19).

Hampir 80 juta orang telah mengungsi ke seluruh dunia pada akhir 2019, setengah dari mereka adalah anak-anak.

Ini adalah rekor tertinggi dan hampir dua kali lipat dari satu dekade lalu.

“Saya pikir kita menyaksikan hari ini mencatat tingkat perpindahan paksa, di mana hampir 80 juta orang terlantar di seluruh dunia. Ini terurai sebagai satu persen dari umat manusia,” kata Direktur UNHCR untuk Afrika Timur Clementine Nkweta-Salami kepada Reuters.

“Satu orang dari setiap 97 orang dipindahkan secara paksa. Di benua (Afrika), kami juga melihat peningkatan angka. Kami memulai dekade ini dengan sekitar 2,2 juta dan itu hampir tiga kali lipat,”  katanya.

“Pada Hari Pengungsi Sedunia, saya pikir pesan yang kami miliki tahun ini, terutama bahwa bersama-sama kita dapat membuat perbedaan dan bahwa setiap tindakan penting,” kata Nkweta-Salami.

Kamp-kamp pengungsi di seluruh dunia penuh sesak dengan bahaya wabah virus korona yang membuat orang-orang terus-menerus gelisah.

Habiba Muhamad dari Somalia tinggal di kamp. “Kami menerima makanan selama virus corona,” katanya. “Kami diberi masker, sabun.”

Mumina Yussuf, pengungsi lain dari Somalia, mengatakan bahwa petugas kesehatan di sana rajin.

“Hand sanitizer disediakan untuk menjaga tangan kita tetap bersih. Mereka menempatkan wadah dengan air mengalir di luar,” katanya.

Anak pengungsi. (Foto: EPA)

Pengungsi baru

Badan pengungsi PBB mengatakan, jumlah pencari suaka, pengungsi internal dan pengungsi di seluruh dunia meningkat hampir sembilan juta orang tahun lalu, kenaikan terbesar dalam catatannya.

Dalam laporan tahunan “Global Trends” yang dirilis pada hari Kamis, 18 Juni 2020, Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) mengatakan bahwa 79,5 juta orang merupakan 1% dari seluruh umat manusia di tengah konflik, represi, dan pergolakan.

Kepala UNHCR Filippo Grandi mengatakan, dari 79,5 juta orang yang dipindahkan secara paksa, 68% berasal dari hanya lima negara: Myanmar, Afghanistan, Suriah, Sudan Selatan dan Venezuela.

Lonjakan itu sebagian disebabkan oleh cara baru menghitung orang-orang terlantar dari Venezuela dan “mengkhawatirkan” perpindahan baru di tempat-tempat kerusuhan Republik Demokratik Kongo, wilayah Sahel di Afrika, Yaman dan Suriah.

Suriah yang dilanda perang sendiri menyumbang lebih dari 13 juta dari orang-orang yang mengungsi.

Di saat jumlah total orang yang menghadapi pemindahan paksa naik dari 70,8 juta pada akhir 2018, sekitar 11 juta orang “baru mengungsi” tahun lalu, di antara mereka dari negara-negara miskin yang paling terpengaruh.

Grandi mengatakan, pandemi global telah berdampak besar pada pengungsi karena 164 negara -baik sebagian atau seluruhnya- menutup perbatasan mereka untuk melawan virus corona baru. (AT/RI-1/P1)

 

Sumber: The New Arab

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments are closed.