HASIL KONFERENSI PARLEMEN ASIA-AFRIKA KUTUK TINDAKAN ISRAEL ATAS PALESTINA

AACCJakarta, 4 Rajab 1436/23 April 2016 (MINA)- Salah satu poin yang dihasilkan dari Konferensi Parlemen Asia-Afrika, yaitu  mengutuk keras seraya menuntut agar Israel membebaskan tahanan parlemen Palestina yang ditangkap secara semena-mena dan tanpa proses peradilan yang memadai.

Konferensi Parlemen Asia-Afrika untuk yang pertama kalinya secara resmi ditutup oleh .

Konferensi Parlemen Asia-Afrika yang berlangsung di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, di mulai Kamis (23/4) pagi sampai malam yang dihadiri oleh 33 negara,melalui 30 parlemen dan tiga perwakilan.

Berikut beberapa poin yang dihasilkan dari Konferensi Parlemen Asia-Afrika. Pertama, peserta Konferensi Parlemen Asia-Afrika menyepakati untuk memperkuat peran parlemen dalam rangka kerjasama selatan-selatan dan promosi perdamain dan kemakmuran dunia.

Kedua, peserta menyepakati untuk meneguhkan komitmen Dasasila Bandung dengan semangat solidaritas, persahabatan dan kerjasama. Komitmen ini akan terus dirajut di antara pemerintah dan parlemen negara Asia-Afrika guna memecahkan masalah global yang menjadi keprihatinan bersama.

Ketiga, Konferensi Parlemen Asia-Afrika menegaskan komitmen untuk mendukung kemerdekaan Palestina dan Kedaulatan wilayahnya sesuai tahun 1967.

Keempat, menegaskan komitmen parlemen negara-negara Asia-Afrika untuk terlibat sedini mungkin dalam agenda pembangunan global Sustainable Development Goals (SDGs). Keenam, sebagai Upaya mewujudkan kerjasama Asia-Afrika ke depan, Konferensi Parlemen Asia-Afrika mendukung ide pembentukan Asia Afrika Parliamentary Group. (L/P010/P011/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0