Houthi Klaim Serang 107 Kapal Sejak November

Pemandangan kapal kargo yang dihantam rudal balistik anti-kapal (ASBM) yang diluncurkan dari wilayah Yaman yang dikuasai Houthi menuju M/V True Confidence, kapal curah milik Liberia berbendera Barbados, saat transit di Teluk Aden pada bulan Maret 6 Agustus 2024. (Foto; AA)

Sanaa, MINA – Kelompok Houthi Yaman pada hari Kamis (2/5) mengatakan mereka telah menyerang 107 kapal sejak dimulainya serangan mematikan Israel di Jalur Gaza.

Abdul-Malik al-Houthi, pemimpin kelompok itu, mengatakan pejuangnya telah melakukan serangan terhadap delapan kapal di Laut Merah, Laut Arab dan Samudera Hindia serta meluncurkan 33 rudal balistik dan drone bersayap pekan ini. Anadolu melaporkan.

“Sekitar 107 kapal telah menjadi sasaran sejak November yang melibatkan 606 rudal balistik dan drone,” tambahnya dalam pidato yang disiarkan televisi.

Kelompok Houthi telah menargetkan kapal kargo di Laut Merah yang dimiliki atau dioperasikan oleh perusahaan Israel atau mengangkut barang ke dan dari Israel sebagai solidaritas dengan Jalur Gaza, di mana hampir 34.600 warga Palestina telah tewas dalam serangan mematikan Israel sejak Oktober.

Baca Juga:  Taiwan Harap Jalin Hubungan Lebih Erat dengan Indonesia

Ketika ketegangan meningkat akibat serangan udara AS-Inggris terhadap situs Houthi di Yaman, kelompok tersebut menyatakan mereka menganggap semua kapal Amerika dan Inggris sebagai sasaran militer yang sah.

Laut Merah adalah salah satu jalur laut yang paling sering digunakan di dunia untuk pengiriman minyak dan bahan bakar.[]

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Bahron Ansori