IIBF 2022 Siap Digelar

Konferensi Pers IIBF 2022. (Foto: Abdullah/MINA)

Jakarta, MINA – Ikatan Penerbit Indonesia () kembali akan menggelar acara Indonesia International Book Fair (IIBF) ke-42 kalinya yang akan diselenggarakan pada Rabu-Ahad (9-13/11) secara hybrid di Hall B Jakarta Convention Center dan daring melalui Shoope.

IIBF 2022 turut didukung Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Pameran ini akan diikuti total 134 peserta dari dalam dan luar negeri dengan target jumlah pengunjung 25.000 orang.

“Ini adalah tahun ke-42 bagi pameran IIBF, pameran buku yang paling tua di Indonesia dan eksibisi yang akan berlangsung selama 5 hari, gratis,” ucap Wahyu Rinanto, selaku Ketua Panitia IIBF 2022 saat jumpa pers di gedung Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI, kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (7/11).

IIBF kali ini akan dilaksanakan bersamaan dengan International Publisher Congress ke-33 yang merupakan agenda rutin dari International Publisher Association (IPA) setiap 2 tahun dan dihadiri para insan dan tokoh perbukuan dari seluruh dunia.

Ikapi telah menjadi anggota IPA sejak tahun 1973. Pada kongres ini, Ikapi bersama pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadi tuan rumah yang akan dilaksanakan pada 10-12 November 2022 di Fairmont Hotel, Jakarta.

Ketua Umum Ikapi, Arys Hilman Nugraha berharap IIBF 2022 dapat menjadi salah satu upaya bagi industri penerbitan di Indonesia supaya dapat bangkit, lebih kreatif, dan bergerak maju.

“Secara tatap muka maupun daring, IIBF adalah pusat kegiatan promosi, transaksi, diskusi dan interaksi internasional bagi kalangan penerbit, penulis, pustakawan, aktivis literasi, seni, budaya, dan pendidikan serta pelaku industri kreatif”.

“IIBF juga merupakan ikhtiar Ikapi dalam meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat, sebagai bagian dari gerakan literasi dan pencerdasan bangsa,” katanya.

Penyelenggara IIBF 2022 mengusung tema “Empowering Creative People in a Creative Way”. Beragam acara akan diadakan seperti diskusi dan peluncuran buku, jumpa penulis, seminar/workshop, serta Ikapi Award, yakni penghargaan kepada penulis dan tokoh yang memiliki dedikasi serta kontribusi positif terhadap perkembangan dan kemajuan perbukuan atau kegiatan literasi masyarakat. (L/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.