Imaam Yakhsyallah: Cinta Adalah Bukti Iman kepada Allah

Sematang Borang, MINA – Imaamul Muslimin Yakhsyallah Mansur mengatakan, cinta adalah modal dan bukti iman kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Tanda orang cinta menurut Ibnu Koyim Al-Jauzi minimalnya ada tiga karakter, pertama ingin berdekatan dengan yang dicintai.

Hal itu disampaikan oleh Imaam Yakhsyallah dalam tausiahnya di Masjid Al-Hijrah, Sematang Borang, Kec. Sako, Kota Palembang, Rabu (5/8).

“Saya sudah lama tidak berdekatan dengan para ikhwan yang ada di wilayah ini, saya sangat bahagia bisa berdekatan lagi sama para ikhwan setelah beberapa tahun,” imbuhnya.

Kemudian yang kedua, mengabulkan, mewujudkan orang yang dicintai. Misalnya Allah mencintai kepada hamba-Nya, setiap waktu memanggil kita untuk shalat maka wujud cinta kita adalah memenuhi panggilan-Nya.

Ketiga, menyenangi yang disenangi oleh yang dicintai dan membenci yang dibenci oleh yang dicintai. Misalnya para suami senang melihat istrinya berdandan rapi, maka si istri pun berdandan rapi untuk suaminya.

Begitu juga sang istri menyenangi kalau suami berdandan rapi, kemudian sang suami mewujudkan keinginan sang Istri.

Bukti cinta Rasulullah Sallahu Alahi Wassalam biasanya setiap masuk suatu kampung mendoakan mereka.

“Ya Allah saya minta kepada engkau kebaikan kampung ini dan kebaikan apa yang ada di kampung ini. Aku berlindung dari keburukan yang ada di kampung ini. Ya Allah berikanlah rasa cinta yang ada di kampung ini kepada saya, dan berikanlah kepada saya rasa cinta kepada kebaikan orang-orang di kampung ini.” (L/R8/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)