Imaam Yakhsyallah: Rasil Tetap Eksis, Nikmat dari Allah

Sentul, Bogor,  MINA – Dewan Syariah Rasil Imaam Yakhsyallah Mansur mengatakan rasil masih bisa eksis dan terus berjuang adalah nikmat dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

“Menurut Imam Al- Ghozali nikmat ada tiga, yaitu ilmu, keadaan dan amal. Pertama ilmu,  nikmat yang dimaksud adalah ilmu semata-mata datang dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bukan dari yang lain,” kata Imaam Yakhsyallah dalam Musyawarah Kerja (musyker) Radio Silaturahim (Rasil) ke-11 di Pondok Muallafah Yayasan Irena Center, Sentul,  Bogor, Jawa Barat, Selasa (25/1).

Imaam Yakhsyallah menjelaskan, Rasil sampai sekarang tahun ke-13 dengan berbagai cobaan, dan Rasil bisa eksis sampai hari ini semata-mata nikmat dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Kemudian nikmat kedua lanjutnya, adalah keadaan. Yakni hendaknya menirima nikmat, baik besar dan  baik kecil harus diterima dengan senang.

“Sebagaimana Ibnu Katsir mengatakan, barang siapa yang tidak menerima nikmat yang sedikit maka ketika diberi nikmat yang banyak mereka tidak akan menerima. Jadi kita terima nikmat yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan senang dan bahagia,” lanjutnya.

Kemudian yang ketiga amalnya. “Untuk itu mari nikmat itu kita terima sesuai dengan pemberi nikmat dan nikmat tersebut kita gunakan untuk melaksanakan perintah-perintah Allah”, imbuhnya.

Selanjunya Imaam Yakhsyallah mengatakan, jangan sampai satu dan lain hal musyawarah menjadi terhambat, karena Allah menggambarkan orang yang mendapatkan rahmat dari tujuh keutamaan antara lain orang bermusyawarah.

“Ciri orang yang mendapat rahmat Allah adalah mempunyai sikap lemah lembut, berbicara halus,  hatinya yang  lembut,  senang memberikan maaf,  senang memintakan ampun kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, senang bermusyawarah, dan tawakal kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala,” katanya.

Ia menambahkan, musyawarah ini sangat penting, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam orang yang paling cerdas dan pintar namun beliu adalah orang yang paling senang bermusyawarah. Sampai masalah-masalah kecil beliau selalu bermusyawarah.

Acara tersebut dihadiri Dewan Direksi Rasil Ir. Faried Thalib, bersama Dewan Syariah yakni Imaam Yakhsyallah Mansur, Ustaz Abul Hidayah Saerodjie dan ustadz Hamzah Alatas. Selain itu, manajemen Rasil yakni Ir. Ichsan Thalib, Pimpinan Umum Kantor Berita MINA Arief Rahman, serta puluhan jajaran redaksi Rasil. Raker berlangsung dua hari, Selasa-Rabu (25-26 Januari 2022).

Selama lebih dari satu dekade, Rasil menyuguhkan informasi, inspirasi, dan edukasi kepada lebih dari dua juta pendengar setianya juga kepada kaum Muslimin di beberapa wilayah Indonesia hingga mancanegara seperti Malaysia, Singapura, hingga Hongkong.

Mengudara  di gelombang AM 720 Khz wilayah Jakarta dan sekitarnya, Rasil masih berkomitmen berdakwah melalui media radio guna mencapai tujuan menjadi radio dakwah yang dapat mempersatukan dan memberdayakan potensi umat untuk kejayaan Islam. (L/R8/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)