Indonesia Akan Kirim Bantuan Ambulans ke Samoa

Foto: Kemlu RI

, MINA – Duta Besar RI di Wellington  menyampaikan komitmen Pemerintah Indonesia untuk memberikan sumbangan 2 buah ambulan kepada Pemerintah . Diharapkan kedua ambulan produksi dalam negeri Indonesia tersebut dapat diserahkan pada tahun 2017 ini.

Hal tersebut dikemukakan Duta Besar Tantowi Yahya pada pertemuan antara delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Dubes Djauhari Oratmangun, Staf Khusus Menlu Urusan Isu-Isu Strategis, dengan Perdana Menteri/Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Samoa Hon. Tuialepa Aiono Sailele Malielegaoi, di kampus Victoria University Wellington (VUW), demikian keterangan pers Kemlu RI melaporkan, Rabu (16/8).

Kehadiran Perdana Menteri/Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Samoa Hon. Tuialepa Aiono Sailele Malielegaoi di Wellington, Selandia Baru adalah dalam rangka launching buku karyanya yang berjudul A Memoir.

​Dalam pertemuan tersebut, PM Samoa didampingi oleh Menteri Komunikasi dan Iptek Hon. Afamasagu Lepuiai Rico  Tupai, High Commissioner Samoa di Wellington H.E. Mr. Leasi Papali’i T. Scanlan, CEO kantor Perdana Menteri Mr. Agafili Shem Leo, dan Ms. Belinda Filo-Tafunai, Counsellor pada High Commission Samoa di Wellington. Sedangkan Duta Besar Djauhari Oratmangun didampingi oleh Duta Besar Tantowi Yahya, Sdr. Yovial Chaniago (Direktur 13 BIN), Koordinator Fungsi Poliltik, dan Pelaksana Fungsi Politik KBRI Wellington.

Pertemuan dengan PM/Menlu Samoa ini menyiratkan adanya hubungan bilateral yang baik antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Samoa. Pertemuan ini sekaligus menjadi wacana bagi kedua belah pihak untuk saling berkomitmen meningkatkan hubungan dan kerja sama di berbagai bidang.

Selama ini, Samoa cukup aktif berpartisipasi di dalam berbagai bantuan kerja sama teknik yang ditawarkan oleh Pemerintah Indonesia.

Mengingat Samoa akan menjadi tuan rumah bagi pertemuan Pacific Islands Forum (PIF) pada tanggal 4-8 September 2017 yang akan datang, Indonesia berkomitmen akan barpartisipasi di dalam pertemuan tersebut dan akan mendukung sepenuhnya tema KTT PIF tahun ini yakni Maritime dan Blue Economy. 

Delegasi Indonesia akan dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri A. M. Fachir dan akan terdiri dari pejabat berbagai kementerian terkait.

Samoa adalah nama dari gugus kepulauan kecil yang terletak di Oseania, Samudera Pasifik. Jika kita melihat Samoa di peta, maka kita akan tahu bahwa ada 2 entitas politik yang mendiami kepulauan tersebut : Samoa yang terletak di sebelah barat & Samoa Amerika yang terletak di sebelah timur. Samoa adalah negara merdeka yang dulunya pernah dikuasai oleh Jerman & Selandia Baru, sementara tetangganya Samoa Amerika termasuk ke dalam daerah seberang lautan milik Amerika Serikat (AS). Adalah Jerman & AS pulalah yang menyebabkan wilayah Samoa bisa terbagi menjadi 2 seperti sekarang.(R/R04/P2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA) 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.