Dubes RI di Kairo Lutfi Rauf: 12 Ribu Mahasiswa Indonesia Kuliah di Mesir

Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin didampingi Duta Besar Republik Indonesia untuk Mesir Lutfi Rauf melakukan silaturahmi dan dialog dengan para mahasiswa Indonesia di Mesir, di Wisma Duta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo pada Sabtu malam (5/11/2022).(Foto: Setwapres RI)

, MINA – Duta Besar Republik Indonesia untuk Mesir Lutfi Rauf melaporkan, saat ini terdapat sekitar 12.000 mahasiswa Indonesia yang tengah menempuh studi di Mesir.

“Sebagian besar di Universitas Al-Azhar dan  di universitas lain,” ungkapnya saat mendampingi Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin melakukan silaturahmi dan dialog dengan para mahasiswa Indonesia di Mesir, di Wisma Duta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo pada Sabtu malam (5/11) waktu setempat.

Sementara pada momen penyambutan Wapres RI saat tiba di Kairo, Republik Arab Mesir pada Jumat (4/11), Menteri Urusan Wakaf Mesir Mohamed Mokhtar Gomaa sempat menyampaikan pujiannya terhadap mahasiswa Indonesia di Mesir yang dinilai memiliki akhlak dan kepribadian yang baik.

Lebih lanjut, Lutfi menyampaikan di antara para mahasiswa Indonesia di Mesir terdapat beberapa mahasiswa yang menuntut ilmu di bidang kedokteran.

Menurutnya, mereka sangat berjasa karena turut membantu masyarakat Indonesia di Mesir saat terjadi hantaman pandemi Covid-19.

“Selama pandemi Covid-19 melanda, mereka banyak membantu warga kita di sini untuk memberikan konsultasi kesehatan pada saat situasi sulit,” tuturnya.

Dubes Lutfi juga memaparkan garis besar kerja sama yang telah terjalin antara Indonesia dengan Mesir baik di tingkat antarpemerintah maupun antarmasyarakat.

“Hubungan kedua negara memiliki dasar yang kuat dari sejarah dan tradisi. Mesir negara Arab pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Hal ini tidak lepas dari peran pemuda dan pelajar Indonesia saat itu yang berjuang agar Mesir mengakui kemerdekaan Indonesia,” urai Lutfi.

“Hubungan tersebut berlangsung dengan baik di segala bidang antara lain di bidang politik, ekonomi, perdagangan, pendidikan, kebudayaan, dan bidang-bidang lainnya,” punkasnya.

Selain Duta Besar Indonesia untuk Mesir, hadir pada acara ini Kepala BAZNAS Noor Achmad, para mahasiswa, dan diaspora Indonesia di Mesir.

Sementara Wapres didampingi oleh Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, dan Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi.(R/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.