Indonesia Berharap KTT ASEAN-AS Berdampak Positif Bagi Kawasan Asia Tenggara

Sumber foto: VOI

Jakarta, MINA – Presiden Joko Widodo berharap, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) khusus ASEAN-Amerika Serikat (AS) dapat menghasilkan dampak positif. Di antaranya peluang kerja sama dengan negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara.

KTT khusus ASEAN-AS akan diselenggarakan pada 11-13 Mei 2022 bertempat di Washington DC, AS.

“Indonesia berharap KTT khusus ini akan menghasilkan kerja sama yang dapat berkontribusi bagi perdamaian, bagi stabilitas, dan bagi kemakmuran di kawasan,” kata Presiden Jokowi melalui konferensi pers virtual pada Selasa (10/5).

Peluang kerja sama pada gelaran tersebut, lanjut Presiden, sangat terbuka lebar. Sebab, akan dilakukan sejumlah pertemuan yang dihadiri oleh pemangku kepentingan dari sektor swasta maupun pemerintahan AS.

Pertemuan yang dimaksud antara lain pertemuan dengan anggota kongres, pertemuan dengan CEO besar dari AS, pertemuan dengan Wapres AS Harris  yang membahas tentang perubahan iklim, serta pertemuan tingkat tinggi pemimpin ASEAN dan Presiden Biden.

“Berpartisipasi dalam rangkaian pertemuan ASEAN-AS Special Summit selama dua hari,” tutur Kepala Negara.

Indonesia sebagai Koordinator Kemitraan ASEAN-AS periode 2021-2024, tentunya sangat mendukung kerja sama yang dibangun melalui pertemuan yang diselenggarakan selama dua hari. Pihaknya, pun siap bersinergi untuk mewujudkan peningkatan kerja sama.

Dengan mendukung hal itu, menjadi tanggung jawab bersama dari negara-negara yang terletak di Asia Tenggara. Sehingga, dapat mewujudkan kawasan damai, stabil, dan sejahtera bagi seluruh kalangan masyarakat.

“Siap bersinergi dengan seluruh negara mitra ASEAN, termasuk Amerika Serikat, dalam mengembangkan kerja sama yang konkret, yang inklusif, dan saling menguntungkan,” pungkas Jokowi. (R/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.