Indonesia dan Uzbekistan Perkuat Kerjasama Industri Minyak Nabati

(Foto: Kemlu RI)

Tashkent, MINA – Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dan Asosiasi Lemak & Minyak /Assotsiasiya “Uzyog’moysanoat” menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk menjalin kerja sama di bidang pertukaran keahlian dalam produksi dan pengolahan minyak di Hotel Internasional Tashkent di Uzbekistan, Kamis (14/9).

MoU ditandatangani oleh Eddy Martono, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), dan Oybek Zuparov, Asosiasi Lemak & Minyak Uzbekistan/Assotsiya “Uzyog’moysanoat”, di hadapan H.E. Sunaryo Kartadinata, Duta Besar RI untuk Tashkent, Uzbekistan, demikian keterangan tertulis Kemlu RI dikutip MINA.

Indonesia adalah produsen minyak sawit terbesar di dunia, memproduksi sekitar 50 juta ton setiap tahunnya, di mana sekitar 20 juta ton dikonsumsi di dalam negeri, dan 30 juta ton diekspor.

Baca Juga:  Universitas Syiah Kuala Sediakan Kuota 35% Jalur Mandiri

Minyak sawit telah dimanfaatkan untuk berbagai kegunaan, termasuk makanan (misalnya minyak goreng, margarin), oleokimia (misalnya sabun, pembersih tangan, sampo), dan biodiesel.

Selain menjadi penyumbang devisa terbesar, industri kelapa sawit di Indonesia mempekerjakan lebih dari 16 juta orang.

Saat ini, Indonesia mengekspor produk sawit ke lebih dari 150 negara, termasuk ke Asia Tengah,  dimanfaatkan dalam berbagai industri dan produk.

Indonesia telah melembagakan standar keberlanjutan budidaya kelapa sawit yang dikenal dengan ISPO yang merupakan persyaratan bagi pelaku usaha perkebunan kelapa sawit.

Sebagai salah satu produsen dan pengguna terkemuka di Asia Tengah, Uzbekistan mempunyai potensi untuk menjadi pusat produksi dan pengelolaan minyak nabati regional.

Baca Juga:  Indonesia-Arab Saudi Tambah Rute Penerbangan Baru Jamaah Haji 2024

Diharapkan melalui MoU tersebut, Uzbekistan dapat meningkatkan produksi dalam negerinya dengan memanfaatkan pengetahuan, , dan praktik terbaik Indonesia di bidang pengolahan minyak sawit.

Selain poin-poin tersebut, MoU ini diharapkan dapat meningkatkan volume perdagangan kedua negara.(R/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.