Indonesia Ekspor Mobil ke 80 Negara

Jakarta, MINA – Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan saat ini hasil produksi industri otomotif Tanah Air sudah diekspor ke lebih dari 80 negara di dunia.

“Banyak yang belum tahu Indonesia sudah mampu mengekspor kendaraan ke 80 negara di dunia,” ujar Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nagoi, dalam konferensi pers GIIAS 2019 di SCBD, Jakarta, seperti dilaporkan MINA di lokasi, Selasa (2/7).

Menurutnya, pada 2018 otomotif Indonesia mencatat ekspor mobil utuh (completely built up/CBU) tumbuh 14,4 persen menjadi 264.553 unit dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Karena itu industri otomotif Indonesia disebut sudah lebih mandiri.

Ia menambahkan, dengan penyelenggaran pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2019, pihak mereka optimistis pada 2019 ekspor otomotif akan kembali mencatatkan peningkatan hingga 300 ribu unit.

Lebih lanjut, Gaikindo menargetkan pada 2025 industri otomotif dapat menjadi penyumbang devisa tertinggi bagi negara dengan ekspor yang mencapai 1 juta unit. Saat ini sektor tersebut menduduki posisi kedelapan dalam hal penghasil devisa yaitu sekitar 4-5 persen.

Sebagai informasi, GIIAS 2019 akan dihelat di ICE, BSD City, Tangerang, pada 18-28 Juli. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan membuka langsung pameran otomotif terbesar di Indonesia tersebut. (L/R11/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Syauqi S

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.