Indonesia-Iran Perkuat Kerjasama

(Foto: Kemristekdikti)
(Foto: )

Jakarta, 2 Jumadil Awwal 1437/10 Februari 2016 (MINA) –  Pemerintah Indonesia menyatakan akan terus bekerja sama dengan dan negara-negara lain, untuk mempromosikan perdamaian, keamanan dan kemakmuran regional, maupun global.

Untuk Indonesia, Iran selalu menjadi mitra penting, tidak hanya dalam hubungan bilateral, tetapi juga di forum regional dan internasional.

Sejak berjalinnya hubungan diplomatik antara Indonesia dan Iran pada 1950, kedua negara telah lama menikmati banyak manfaat dari hubungan dekat dan kerja sama. Demikian situs resmi Kemristekdikti memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Kami menyadari potensi besar yang ada di kedua negara di berbagai bidang, serta sektor swasta dan komunitas bisnis. Saya percaya bahwa kunjungan kenegaraan memainkan peran penting, untuk lebih memperkuat hubungan bilateral, dengan melihat peluang untuk memperdalam dan memperluas bilateral,” ungkap Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, pada sambutannya dalam acara perayaan nasional ke-37 Kemerdekaan Republik Islam Iran di Kediaman Duta Besar Iran di Menteng, Jakarta Pusat.

Nasir menambahkan, Indonesia dan Iran bisa meneruskan kerjasama yang lebih produktif di bidang kesehatan dan pengobatan sel punca, energi, bioteknologi, nanoteknologi, teknologi ruang angkasa dan rekayasa pesawat terbang, karena itu semua adalah pendorong kemajuan ekonomi dan kemajuan sosial.

Dalam peringatan tersebut, Duta Besar Iran untuk Indonesia, Valiollah Mohammadi menyampaikan rasa gembiranya akan pencabutan sanksi internasional dan berlakunya kesepakatan mengenai program nuklir Iran baru-baru ini.

“Negosiasi nuklir Republik Islam Iran dengan (kekuatan dunia) 5+1 telah disepakati tahun lalu dan rencana aksi kerjasama komprehensif telah dilaksanakan sejak bulan lalu serta semua jenis sanksi telah dicabut,” kata Dubes Valiollah dalam pidatonya.

Semoga dapat terjaga selalu keharmonisan antara Indonesia dengan Iran demi suatu keberhasilan dalam memajukan hubungan bilateral antara kedua negara, dan juga demi Indonesa yang semakin baik. (T/P006/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.