Indonesia Kirim 120 Atlet ASEAN School Games 2024 di Vietnam

ASEAN School Games 2024 (Foto: Kemenpora)

Jakarta, MINA – Sekitar 120 atlet terbaik Tanah Air akan bertanding di pesta olahraga tahunan untuk sekolah-sekolah tinggi di kawasan Asia Tenggara atau ASEAN School Games 2024 di Vietnam.

Sedikitnya, ada enam cabang olahraga yang diikuti yaitu atletik, renang, bulu tangkis, basket, pencak silat, dan vovinam. Demikian keterangan tertulis dalam situs resmi Kemenpora, Selasa (14/5).

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo optimis Indonesia bisa meraih prestasi terbaik di ASEAN School Games (ASG) 2024 Vietnam. Para atlet pelajar yang akan berlaga di pentas olahraga itu diharap mampu berjuang dan memberikan segalanya di arena pertandingan.

“Semoga nanti bisa mendulang prestasi di ASG nanti,” ujar Menpora Dito di Media Center Kemenpora, Jakarta.

Baca Juga:  AWG Lampung Gelar Nobar Film Gaza Penakluk Israel

Menurutnya, ASG merupakan tahapan awal yang akan mengantarkan atlet pelajar ke jenjang yang lebih tinggi. Puncaknya adalah Olimpiade. Oleh karenanya, mereka diminta untuk berjuang secara maksimal dan membawa harum nama bangsa dipanggung internasional.

“Ini adalah momen yang tepat untuk kalian. Pemerintah tentu memberikan dukungan. Potensi kalian sangat besar untuk bisa melangkah ke jenjang yang lebih tinggi,” katanya.

Lebih lanjut, Menpora bilang saat ini sudah ada Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Adapun cabang olahraga prioritasnya adalah bulu tangkis, angkat besi, panjat tebing, panahan, menembak, wushu, karate, taekwondo, balap sepeda, renang, atletik, senam artistik, pencak silat, dan dayung.

“Nah adik-adik ini potensinya sangat besar. Jadi ini adalah momen yang tepat. Pemerintah support untuk prestasi olahraga, begitu juga dengan pendidikan bagi atlet pelajar,” ujarnya.

Baca Juga:  Kemendikbudristek: Perubahan UKT Hanya untuk Mahasiswa Baru

Dalam kesempatan ini, pebasket Indonesia Derrick Michael Xzavierro juga berkesempatan memberikan motivasi bagi para atlet pelajar. Dia mendorong agar mereka kedepannya bisa menimba ilmu di luar negeri.

“Saya ambil contoh sepak bola. Atlet sepak bola kita banyak yang bermain di klub luar. Nah itu bagus dan berdampak untuk tim nasional kita,” pungkasnya.[]

Mi’raj News Agency (MINA)