Tiga Wakil Indonesia ke Final Badminton SEA Games 2019

Manila, MINA – Tiga wakil Indonesia berhasil melangkah ke final cabang olahraga Badminton SEA Games 2019 setelah menang di semi final yang berlangsung pada Ahad (8/12).

Ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti jadi wakil pertama yang menembus partai perebutan medali emas. Praveen/Melati lolos ke final usai mengalahkan pasangan Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing di Mutinlupa Sport Complex, Filipina.

Ganda campuran andalan Indonesia itu hanya butuh dua gim untuk mengakhiri perlawanan wakil Malaysia. Praveen/Melati menang 21-16, 21-18. Di final, pasangan unggulan pertama ini akan menghadapi Goh Soon Huat/Lai Shevon Jamie (Malaysia). Demikian keterangan tertulis yang diterima MINA.

Langkah Praveen/Melati diikuti Ruselli Hartawan yang turun di nomor tunggal putri. Pebulutangkis 21 tahun membuat kejutan dengan mengalahkan unggulan pertama Pompawee Chochuwong (Thaiand) lewat pertandingan tiga gim.
Ruselli berhasil memenangi gim pertama dengan 21-16. Namun, pebulutangkis yang menempati ranking 37 dunia itu takluk 10-21 di gim kedua.

Di gim penentuan, Ruselli selalu unggul perolehan poin hingga akhirnya mengakhiri perlawanan Pompawee dengan skor 21-18. Sama seperti Praveen Jordan, Ruselli akan ditantang wakil Malaysia Kisona Selvaduray.

Wakil terakhir dari Indonesia yang melangkah ke final yaitu pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Ganda putri Indonesia itu mengalahkan ganda Malaysia, Vivian Hoo/Yap Cheng Wen dengan 21-18, 21-19 dan akan bertemu Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong di partai puncak.

Sementara itu, laju dua wakil Indonesia lainnya yang menembus semifinal gagal berlanjut. Pasangan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan ganda putra Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf dikalahkan lawan masing-masing.

Rinov/Pitha disingkirkan Goh Soon Huat/Lai Shevon Jamie (Malaysia) dengan tiga gim 21-18, 11-21, 22-24. Adapun Wahyu/Ade tidak bisa membendung keperkasaan ganda Negeri Jiran Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang menang lewat pertandingan tiga gim 12-21, 21-18, 19-21. (R/LM/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)