Indonesia Science Expo 2017: Generasi Muda Berprestasi Layak Dapat Penghargaan

Peluncuran Buku 50 Tahun Kiprah LIPI untuk Bangsa. (Foto: Risma/MINA)

Jakarta, MINA – Sejak awal berdirinya 23 Agustus 1967, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memandang ilmuan-ilmuan, pihak swasta, dan generasi muda science Indonesia yang berprestasi pantas dan layak mendapatkan penghargaan.

Pada malam usia emas yang ke 50, LIPI kembali menyelenggarakan acara yang dibanggakan yaitu Penganugerahan Science-Based Industrial Innovation Award melalui Malam Penghargaan Indonesia Science Expo 2017.

“Malam hari ini semakin istimewa karena LIPI meluncurkan buku 50 Tahun Kiprah LIPI untuk Bangsa,” kata Plt. Ketua LIPI, Bambang Subiyanto dalam Penghargaan Indonesia Science Expo 2017 di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (25/10) malam.

Baca Juga:  Dua Buku Teguh Santosa Lengkapi Pojok Baca Digital PWI

Kami, tambah Bambang, sangat mengapresiasi upaya yang akan diberikan bapak Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) dalam mendampingi beasiswa bagi siswa siswi berprestasi. “Hal itu dikatakan pak Menteri saat pembukaan Indonesia Science Expo senin lalu,” terang Bambang.

Untuk membangun sumber daya manusia dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, LIPI giat melakukan pembinaan ilmiah sejak usia dini dan melakukan pembinaan serta pengembangan peneliti hingga memberikan gelar profesor, tak lupa pemberian penghargaan ilmu pengetahuan.

“Berbagai inovasi dan karya anak bangsa patut kita hargai, melalui Indonesia Science Expo 2017 ini LIPI ingin terus menggugah kesadaran dari pemerintah dan masyarakat akan pentingnya ilmu pengetahuan,” ujar Bambang.

Baca Juga:  Menlu RI: Ada Upaya Sistematis Hambat Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

Berbagai karya peneliti dan juga calon ilmuwan Indonesia selama empat hari ini dipamerkan, juga 30 acara workshop, termasuk para pakar dalam dan luar negeri membahas kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bambang mengatakan, pertumbuhan Indonesia di nilai terus menguat. Penguatan itu terlihat dari tingkat pertumbuhan ekonomi yang mulai tinggi. Walaupun penelitian terhadap perekonomian Indonesia terus menguat, namun tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia di era global saat ini tetap harus diwaspadai.

“Kita punya kemampuan untuk memanfaatkan atau mengembangkan Iptek karya anak bangsa guna menjawab persaingan global. Jika melihat kemampuan anak-anak bangsa ini, kita harusnya optimis bahwa Indonesia sendiri semakin maju dan berdaya saing,” tutur Bambang.

Baca Juga:  Prof Saiful Akmal Pakai “Kafiyeh” Palestina Saat Orasi Ilmiah di Ar-Raniry

Kepada pemenang, lanjut Bambang, saya ucapkan selamat!. Kepada peserta lain yang belum menang, percayalah kalian sesungguhnya sudah menang karena bisa hadir dalam acara ini.

“Menjadi ilmuwan harus memiliki semangat juang yang tinggi, pantang menyerah, dan melanjutkan rasa keingintahuan dengan terus berkarya,” (R/R09/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Widi Kusnadi