INDONESIA TERPILIH SEBAGAI EXTERNAL AUDITOR IAEA PERIODE 2016-2017

(Kemlu)
(Kemlu)

Jakarta, 4 Dzulhijjah 1436/18 September 2015 (MINA) – ​Untuk pertama kalinya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia terpilih sebagai External Auditor pada organisasi international International Atomic Energy Agency(IAEA) periode 2016-2017.

Pemilihan dan penetapan External Auditor tersebut dilaksanakan pada Sidang Umum ke-59 IAEA di Wina, Austria, tanggal 17 September 2015. Laman rersmi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) melaporkan seperti yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), jumaat (18/09).

Pada Sidang yang dihadiri oleh Kepala Perwakilan Tetap RI di Wina, delegasi dari BATAN, BAPETEN, dan BPK ini, Indonesia menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan IAEA kepada BPK RI yang berkomitmen untuk memberikan hasil pemeriksaan yang berkualitas tinggi atas laporan keuangan IAEA.

Terpilihnya BPK RI sebagai External Auditor IAEA ini merupakan salah satu capaian diplomasi Indonesia dalam meningkatkan peran aktif pada organisasi internasional.

IAEA adalah sebuah organisasi independen yang didirikan pada tanggal 29 Juli 1957 dengan tujuan mempromosikan penggunaan energi nuklir secara damai dan menangkal penggunaannya untuk keperluan militer.

IAEA berfungsi sebagai forum antar-pemerintah untuk kerja sama ilmiah dan teknis dalam penggunaan teknologi nuklir dan tenaga nuklir secara damai di seluruh. IAEA beranggotakan 164 negara dan memiliki kantor pusat yang terletak di Wina, Austria. (T/P007/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0