Indonesia Tuan Rumah IESF 14th Esports World Championships 2022

Jakarta, MINA – Ketua Indonesia, Raja Sapta Oktohari menyambut baik keputusan Federasi Esport Internasional () yang menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah World Championships 2022.

Hal ini dipastikan setelah delegasi Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Desra Firza Ghazfan, menerima plakat seremonial dari Presiden IESF, Vlad Marinescu pada acara IESF Ordinary General Meeting di Eliat, Jumat (19/11).

Marinescu mengatakan bahwa IESF 14th Esports World Championships 2022 akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, Indonesia, mulai dari 20-27 November.

Acara kompetisi esports bergengsi se-dunia ini juga akan diikuti lebih dari satu juta peserta dengan syarat wajib lolos sesi kualifikasi yang bergulir sejak tiga bulan sebelumnya.

“Bali sangat ideal untuk menjadi tuan rumah IESF 14th Esports World Championships 2022,” kata Marinescu, dalam siaran pers yang diterima MINA dari NOC Indonesia.

“Sebab, Indonesia memiliki tim esports yang luar biasa dan telah berkembang sejak lama. Kami sangat gembira bisa membawa event ini ke Bali,”.

“Saat ini komunitas esports di seluruh dunia telah berkembang menjadi sangat besar. Kami tidak sabar melihat mereka bertemu dengan kondisi terbaik untuk menunjukkan kemampuan optimalnya,” katanya.

Sekretaris Jenderal Federasi Esports Asia Tenggara (SEAEF), Samart Benjamin Assarasakorn lalu memberikan ucapan selamat atas penetapan Indonesia menjadi tuan rumah IESF 14th Esports World Championships 2022.

Dalam gelaran ini, SEAEF akan berkomitmen mendukung penuh acara ini bisa sukses diselenggarakan.

“Kami memberi komitmen penuh untuk Indonesia. Penetapan Indonesia sebagai tuan rumah IESF 14th Esports World Championships 2022 menjadi bukti bahwa ASEAN merupakan regional yang siap untuk menyelenggarakan turnamen esports kelas dunia,” ujar Benjamin.

Sebagai informasi, Indonesia sebelumnya mengirim beberapa perwakilan di IESF Ordinary General Meeting, yakni Desra selaku Ketua Komisi Sports and Environment NOC Indonesia, Ketua IESPA Eddy Lim, Wakil Ketua Umum IESPA Diana Sutrisno, Dewan Pembina PB Esports Indonesia Ibnu Riza Pradipto.

NOC Indonesia telah berperan aktif mengawal kolaborasi IESPA dan PB Esports Indonesia sejak awal. Sinergi tersebut melahirkan Badan Timnas Esports, tim ad-hoc yang mewadahi atlet-atlet esports Indonesia tampil di ajang internasional.

Ketua Harian PB Esports Indonesia, Bambang Sunarwibowo, senang dengan penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah IESF 14th Esports World Championships 2022.

Dia berharap dengan adanya rangkaian kerja sama ini dapat menaikkan kejayaan esports di Indonesia hingga kancah dunia.

“Kami meyakini event ini akan menjadi motor berkembangnya industri esports nasional dan menjadi tonggak penting dalam sejarah esports Indonesia,” kata Bambang.

Sambutan positif juga diberikan oleh Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari. Dia memastikan NOC Indonesia mendukung penuh federasi dalam meningkatkan prestasi olahraga Indonesia.

“NOC Indonesia sangat mendukung National Federation yang ingin bekerja serius meningkatkan prestasi olahraga Indonesia. Bahkan, kami akan berjuang membantu mereka agar bisa terkoneksi dengan International Federation yang dapat membawa keuntungan bagi Indonesia,” kata Okto.

“Saya berharap IESF 14th Esports World Championships 2022 di Indonesia bisa menambah gairah industri esports di Tanah Air. Apalagi event ini diselenggarakan di Bali yang terkenal sebagai tempat peleburan kekayaan tradisi budaya masa lalu dan modern.”

“Ini akan menjadi tempat yang pas menciptakan tradisi masa depan. Kami juga berharap acara ini dapat menjadi kontribusi partisipasi olahraga dalam meramaikan puncak acara G20,” katanya.

IESF sebagaimana diketahui merupakan induk organisasi olahraga esports tertua di dunia yang berdiri sejak 2008 dengan anggota 111 negara saat ini.

Penyelenggaraan IESF 14th Esports World Championships 2022 rencananya akan mempertandingkan tiga genre game, yakni PC (komputer), mobile phone, dan konsol. (R/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.