Persiapan Piala Dunia U-17, PSSI Inspeksi Jakarta International Stadium

Jakarta, MINA – Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (), Erick Thohir bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menpora Dito Ariotedjo, Plt Gubernur  DKI Jakarta Heru Budi Utomo , menginspeksi  Jakarta International Stadium (JIS), Selasa (4/7), terkait standar kelayakan untuk jadi venue .

“Nantinya itu urusan FIFA. FIFA telah menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17, menggantikan Peru. Ajang tersebut dijadwalkan bergulir pada 10 November sampai 2 Desember 2023,” demikian Ketua Umum PSSI.

JIS diharapkan bisa menjadi salah satu venue yang dipakai untuk menggelar laga Piala Dunia U-17. Hal ini berkaitan dengan kecil kemungkinan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dipakai karena berbenturan dengan konser band Coldplay.

Dalam inspeksi yang dilakukan PSSI, disimpulkan JIS memerlukan beberapa pembenahan. Mulai dari terkait rumput, akses area luar stadion, dan tribune media. Selanjutnya FIFA akan menentukannya.

Erick Thohir menyatakan, Indonesia selaku tuan rumah akan berusaha memberikan usulan venue yang sesuai standar FIFA. Namun keputusan terakhir soal stadion-stadion mana yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-17, itu keputusan dari FIFA sendiri.

“Bahwa nomor satu standar FIFA, itu yang menentukan FIFA. Bukan PSSI, bukan siapa pun yang di sini. Kita hanya memperbaiki, meningkatkan semua yang bisa sesuai dengan standar FIFA. Karena itu, ini merupakan bagian dari yang dilakukan pemerintah, khususnya Menteri PUPR, sesuai dengan tentu tugas dari Bapak Presiden,” ujar Erick.

“Waktu itu, ketika kita memaparkan ke FIFA blue print transformasi sepakbola, termasuk renovasi 22 stadion. Yang memang juga akan dipergunakan untuk Timnas Indonesia Liga 1 Liga 2, ini yang kita dorong.”

“Yang kedua tadi, kita di sini ingin menyelesaikan supaya aset-aset nasional, stadion-stadion yang 22 jumlahnya yang akan direnov senilai Rp 1,9 triliun itu memang sudah standar yang dimaui internasional atau FIFA. Inilah 22 stadion kita lakukan (renovasi), dan Alhamdulillah hari ini mudah-mudahan ada solusi supaya JIS jadi salah satu, stadion yang diusulkan ke FIFA untuk kejuaraan dunia U-17,” imbuhnya.(R/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)