Inggris Akan Pasok 48 Jet Tempur Typhoon ke Saudi

Pangeran Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman berkunjung Northolt Air Base di utara London Barat di dampingi oleh Sekretaris Pertahanan Inggris Gavin Williamson, Jumat, 9 Maret 2018. (Foto: SPA)

London, MINA – Perusahaan pembuat peralatan militer BAE Systems, Inggris akan memasok 48 jet tempur jenis Max Eurofighter Typhoon kepada Arab Saudi setelah ditandatanganinya kesepakatan pesanan pada Jumat (9/3).

Pernyataan bersama dikeluarkan pada akhir kunjungan tiga hari Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman di Inggris, Saudi Press Agency (SPA) melaporkan.

BAE Systems mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada Arab News, pembelian tersebut akan membantu Riyadh memodernisasi angkatan bersenjata di bawah rencana ekonomi ‘Vision 2030’ Kerajaan. Namun, tidak ada rincian keuangan yang diberikan.

“Kunjungan Pangeran Putra Mahkota telah membuka sebuah babak baru dalam hubungan historis kedua negara,” kata Sekretaris Pertahanan Inggris Gavin Williamson.

“Kami telah mengambil langkah penting guna menyelesaikan perintah lain untuk jet Typhoon yang akan meningkatkan keamanan di Timur Tengah, serta meningkatkan industri dan pekerjaan Inggris di sektor kedirgantaraan yang tak tertandingi,” katanya setelah bertemu dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman pada hari ketiga kunjungannya.

Keduanya bertemu di Northolt Air Base di utara London Barat.

Saat tiba, pesawat Typhoon terbang di langit untuk menyambut Putra Mahkota yang juga menjabat Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Arab Saudi. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.