Inilah Sebab Penyakit Hati

Oleh Bahron Ansori, jurnalis MINA

SEPERTI halnya fisik, maka pun mempunyai . Bersyukurlah setiap orang muslim yang cepat mendeteksi jika penyakit hati itu mulai menyerangnya. Tapi, beristighfarlah segera bagi siapa saja yang merasa hatinya sudah terjangkiti oleh penyakit hati. Setidaknya ada enam penyebab mengapa hati seorang muslim menjadi sakit antara lain sebagai berikut.

Pertama, Berbuat syirik kepada Allah Azza wa Jalla

Syirik adalah jika seorang menyekutukan Allah Ta’ala dalam ibadah kepada-Nya. Di samping dia beribadah kepada Allah Ta’ala dia juga beribadah kepada selain Allah. Perbuatan syirik adalah perbuatan yang sangat tercela dan terlaknat.

Orang yang terkena penyakit ini ia akan menjalani hidupnya di dunia ini dengan iman dan aqidah yang cacat, hatinya akan selalu sakit, semua yang dilakukannya hanya berkisar nafsu belaka, dia tidak akan mengenal agama Islam ini dengan baik, sebaliknya dia akan mendapatkan kesedihan, perasaan takut, dan kehancuran, bahkan Allah ย menyifati orang-orang yang berbuat syirik kedudukannya lebih rendah dari binatang-binatang ternak. Allah Ta’ala berfirman,

ุฃูŽู…ู’ ุชูŽุญู’ุณูŽุจู ุฃูŽู†ูŽู‘ ุฃูŽูƒู’ุซูŽุฑูŽู‡ูู…ู’ ูŠูŽุณู’ู…ูŽุนููˆู†ูŽ ุฃูŽูˆู’ ูŠูŽุนู’ู‚ูู„ููˆู†ูŽ ุฅูู†ู’ ู‡ูู…ู’ ุฅูู„ุงูŽู‘ ูƒูŽุงู’ู„ุฃูŽู†ู’ุนูŽุงู…ู ุจูŽู„ู’ ู‡ูู…ู’ ุฃูŽุถูŽู„ูู‘ ุณูŽุจููŠู„ุงู‹

โ€œAtau apakah kamu mengira bahwa kebanyakan mereka itu mendengar atau memahami. Mereka itu tidak lain, hanyalah seperti binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat jalannya (dari binatang ternak itu).โ€ (QS. Al-Furqan: 44)

Disebutkan di dalam Al Quran, orang yang berbuat syirik seperti seorang yang jatuh dari langit, kemudian disambar oleh burung-burung, dan dicabik-cabiknya, atau dilemparkan oleh angin ke tempat yang jauh dan hina.

Kedua, Perbuatan Maksiat kepada Allah

Apabila kemaksiatan sudah bertumpuk dalam hati seseorang, maka dia akan menghalangi pandangan hati sehingga dia tidak dapat melihat, menyadari, memahami serta berfikir tentang ayat-ayat Allah.

Jika maksiat telah berkumpul dalam hatinya, maka dia akan mencengkramnya sehingga hatinya tidak menyenangi kebaikan dan tidak mau berdzikir kepada Allah, lalu yang paling menyedihkan ia akan dikuasai oleh hawa nafsurnya yang jahat, sebagaimana Allah ย berfirman,

ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ุดูุฆู’ู†ูŽุง ู„ูŽุฑูŽููŽุนู’ู†ูŽุงู‡ู ุจูู‡ูŽุง ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ูŽู‘ู‡ู ุฃูŽุฎู’ู„ูŽุฏูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู’ู„ุฃูŽุฑู’ุถู ูˆูŽุงุชูŽู‘ุจูŽุนูŽ ู‡ูŽูˆูŽุงู‡ู ููŽู…ูŽุซูŽู„ูู‡ู ูƒูŽู…ูŽุซูŽู„ู ุงู„ู’ูƒูŽู„ู’ุจู ุฅูู†ู’ ุชูŽุญู’ู…ูู„ู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูŠูŽู„ู’ู‡ูŽุซู’ ุฃูŽูˆู’ ุชูŽุชู’ุฑููƒู’ู‡ู ูŠูŽู„ู’ู‡ูŽุซู’ ุฐูŽู„ููƒูŽ ู…ูŽุซูŽู„ู ุงู„ู’ู‚ูŽูˆู’ู…ู ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู’ู†ูŽ ูƒูŽุฐูŽู‘ุจููˆู’ุง ุจูุฆูŽุงูŠูŽุงุชูู†ูŽุง ููŽุงู‚ู’ุตูุตู ุงู„ู’ู‚ูŽุตูŽุตูŽ ู„ูŽุนูŽู„ูŽู‘ู‡ูู…ู’ ูŠูŽุชูŽููŽูƒูŽู‘ุฑููˆู’ู†ูŽ

โ€œDan kalau Kami menghendaki, sesungguhnya Kami tinggikan (derajat)nya dengan ayat-ayat itu, tetapi dia cenderung kepada dunia dan menurutkan hawa nafsunya yang rendah, maka perumpamaannya seperti anjing jika kamu menghalaunya dijuurkannya lidahnya dan jika kamu membiarkannya dia mengulurkan lidahnya (juga). Demikian itulah perumpamaan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat kami. Maka ceritakanlah (kepada mereka) kisah-kisah itu agar mereka berfikir.โ€ (QS. Al-Aโ€™raf: 176)

Ketiga, Lalai Berdzikir kepada Allah

Manusia yang lengah akan terkejut tatkala mendengar dzikir atau nasihat dari seseorang, meskipun dia seorang penuntut ilmu, apalagi orang awam Hal ini disebabkan kelalaian dari merenungi ayat-ayat-Nya sehingga setan masuk melalui peredaran darahnya menuju hatinya. Oleh karena itu, Allah senantiasa mengingatkan hal ini sebagaimana dalam firman-Nya,

ูˆูŽุงู‚ู’ุชูŽุฑูŽุจูŽ ุงู„ู’ูˆูŽุนู’ุฏู ุงู„ู’ุญูŽู‚ูู‘ ููŽุฅูุฐูŽุง ู‡ููŠูŽ ุดูŽุงุฎูุตูŽุฉูŒ ุฃูŽุจู’ุตูŽุงุฑู ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ูƒูŽููŽุฑููˆุง ูŠูŽุงูˆูŽูŠู’ู„ูŽู†ูŽุง ู‚ูŽุฏู’ ูƒูู†ูŽู‘ุง ูููŠ ุบูŽูู’ู„ูŽุฉู ู…ูู‘ู†ู’ ู‡ูŽุฐูŽุง ุจูŽู„ู’ ูƒูู†ูŽู‘ุง ุธูŽุงู„ูู…ููŠู†ูŽ

โ€œDan telah dekat kedatangan janji yang benar (hari berbangkit). Maka tiba-tiba terbelalaklah mata orang-orang yang kafir. (mereka berkata): โ€œAduhai, celakalah Kami, Sesungguhnya kami adalah dalam kelalaian tentang ini, bahkan kami adalah orang-orang yang zalim.โ€ (QS. Al-Anbiya: 97)

Orang yang lengah atau lalai diibaratkan seperti orang yang masuk ke dalam masjid lalu setan menekannya sehingga orang tersebut tidak berdzikir kepada Allah sedikit pun, seperti orang yang datang ke sebuah majelis taโ€™lim dia malah tertidur atau memikirkan hal-hal dunia, sehingga ia tidak memahami isi dari kajian tersebut.

Kelengahan menyerang hati seseorang, sehingga membuatnya berpaling dari taat kepada Allah, tidak senang berdzikir, tidak senang mendengar suatu kebaikan dan tidak mau mendekat kepada ahli dzikir yaitu para ulama.

Keempat, Tidak Belajar Ilmu Agama, Mendalami, dan Mempelajari Sunah Rasulullah

Pada zaman sekarang ini, kita sering mendapati orang lebih faham ilmu dunia daripada ilmu agama, bahkan masalah-masalah yang ringan dalam agama mereka tidak mengetahuinya, tata-cara berwudhu atau mandi sesuai sunah atau yang lebih sederhana dari pada itu mereka tidak memahaminya, mereka lebih mendahulukan urusan dunia yang fana ini.

Kemudian ada sebagian kaum muslimin yang berpaling dari membaca dan memahami Alquran dan al-Hadis, sehingga hati mereka terjangkit suatu penyakit berbahaya. Reaita membuktikan pada zaman sekarang ini, banyak para pemuda muslim yang buta akan huruf Alquran dan tidak bisa membacanya. Mereka enggan belajar ilmu agama Islam yang benar, yang digali dari Alquran dan sunah berdasarkan pemahaman para pendahulu mereka yang shaleh seperti para sahabat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Mereka lebih menyukai mempelajari buku-buku hasil karya musuh-musuh Islam, padahal Allah telah berfirman,

ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุนู’ุฑูŽุถูŽ ุนูŽู† ุฐููƒู’ุฑูู‰ ููŽุฅูู†ูŽู‘ ู„ูŽู‡ู ู…ูŽุนููŠุดูŽุฉู‹ ุถูŽู†ูƒู‹ุง ูˆูŽู†ูŽุญู’ุดูุฑูู‡ู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู ุฃูŽุนู’ู…ูŽู‰ {ูกูขูค} ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุจูู‘ ู„ูู…ูŽ ุญูŽุดูŽุฑู’ุชูŽู†ููŠ ุฃูŽุนู’ู…ูŽู‰ ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ูƒูู†ุชู ุจูŽุตููŠุฑู‹ุง {ูกูขูฅ} ู‚ูŽุงู„ูŽ ูƒูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ุฃูŽุชูŽุชู’ูƒูŽ ุกูŽุงูŠูŽุงุชูู†ูŽุง ููŽู†ูŽุณููŠุชูŽู‡ูŽุง ูˆูŽูƒูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุชูู†ุณูŽู‰ {ูกูขูฆ}

โ€œDan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunnya pada hari kiamat dalam keadaan buta. Berkatalah ia, โ€˜Ya Robbku, mengapa Engkau menghimpunkan akud alam keadaan buta, padahal aku dahulunya adalah seorang yang melihat?โ€™ Allah berfirman: โ€œDemikianlah, telah datang kepadamu ayat-ayat Kami, maka kamu melupakannya, dan begitu (pula) pada hari ini kamu pun dilupakan.โ€ (QS. Toha: 124-126).

Demikian beberapa sebab yang membuat seseorang mempunyai penyakit hati. Semoga Allah Ta’ala memberi kita kekuatan untuk mendeteksi setiap penyakit hati yang mulai menyerang sehingga dengan mudah kita bisa menepisnya, wallahua’lam.(RS3/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)