IPB Gelar MTQ ke VIII Untuk Mahasiswa Diploma dan S1 Awal Oktober

Jakarta, 21 Dzulhijjah 1437/ 23 September 2016 (MINA) – Institut Pertanian Bogor () akan mengelar Musabaqah Tilawatil Quran () yang ke VIII untuk Diploma dan Strata satu (S1) di awal Oktober dengan 13 cabang perlombaan.

“MTQ Mahasiswa IPB Insya Allah akan diselenggarakan pada 1-2 Oktober 2016,” kata Ahmad Fariqi selaku ketua pelaksana MTQ IPB ke VIII saat dihubungi Mi’raj Islamic News Agency (MINA), di Jakata.

Menurutnya ke-13 cabang perlombaan yaitu;
1. Musabaqah Tilawatil Qur’an
2. Musabaqah Tartilil Qur’an
3. Musabaqah Hifzhil Qur’an 1 Juz
4. Musabaqah Hifzhil Qur’an 5 Juz
5. Musabaqah Hifzhil Qur’an 10 Juz
6. Musabaqah Qira’at Sab`ah
7. Musabaqah Fahmil Qur’an
8. Musabaqah Syarhil Qur’an
9. Musabaqah Khaththil Qur’an
10. Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an
11. Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan Al-Qur’an dalam Bahasa Arab
12. Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan Al-Qur’an dalam Bahasa Inggris
13. Musabaqah Desain Aplikasi Komputer Al-Qur’an

“13 cabang perlombaan MTQ Mahasiswa IPB akan diselenggarakan terpusat di gedung kuliah Commom Class Room (CCR) IPB, yang akan dibuka oleh rektor IPB yaitu Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc.” ujarnya.

Ia menjelaskan, MTQ tersebut hanya diperuntukkan bagi mahasiswa Diploma dan S1 IPB. Acara puncak dan penutupan akan diselenggarakan pada 2 Oktober 2016 di Auditorium Sumardi Sastra Kusumah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB.

Adapun tujuan dari MTQ Mahasiswa IPB itu ada 3 yaitu; untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan isi kandungan Al-Quran di kalangan mahasiswa IPB dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah ta’ala; meningkatkan syiar dan ukhuwah Islamiyah antar mahasiswa se-IPB; dan membentuk kontingen IPB untuk mengikuti MTQ Mahasiswa Nasional ke XV tahun 2017.(L/M013/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)