Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Iran Desak DK PBB Segera Bersidang Atas Terbunuhnya Haniyeh

Ali Farkhan Tsani Editor : Widi Kusnadi - Kamis, 1 Agustus 2024 - 03:36 WIB

Kamis, 1 Agustus 2024 - 03:36 WIB

29 Views

Ismail Haniyah, pemimpin gerakan perlawanan Hamas di Gaza Palestina (Foto: The Gaza Post)

New York, MINA – Misi tetap Iran di PBB mendesak Dewan Keamanan PBB segera bersidang setelah pembunuhan Kepala Politik Hamas Ismail Haniyeh di ibu kota Iran, Teheran.

Secara resmi Iran mengirim surat kepada Vassily Nebenzia, Perwakilan Tetap Rusia sebagai Presiden Dewan Keamanan PBB saat ini, Rabu (31/7), dan menggambarkan pembunuhan Haniyeh sebagai “serangan teroris dan tindakan agresi terhadap kedaulatan dan wilayah.” Anadolu Agency melaporkan.

Dalam surat tersebut, Iran mengutuk keras “tindakan agresif rezim Zionis” dalam pembunuhan Haniyeh, dan menggambarkan “tindakan teroris” tersebut sebagai bagian dari pembunuhan para pemimpin perlawanan Palestina dan genosida terhadap warga Palestina.

“Tindakan ini tidak mungkin terjadi tanpa otorisasi dan dukungan intelijen AS,” isi surat menyebutkan.

Baca Juga: Turki Gelar Perkemahan Khusus Media Peduli Palestina

Surat tersebut juga menyerukan tindakan tegas dari masyarakat internasional dan Dewan Keamanan PBB untuk menghukum para pelaku pembunuhan.

“Mengingat konsekuensi serius dari tindakan kriminal Israel terhadap perdamaian dan keamanan regional, Republik Islam Iran menyerukan kepada DK PBB untuk mengutuk dengan tegas dan keras tindakan agresi dan serangan teroris oleh rezim Israel terhadap kedaulatan dan integritas teritorial Iran”.

Surat tersebut juga mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mempertimbangkan sanksi dan tindakan lain untuk menghukum Israel atas pelanggaran hukum internasional yang dilakukannya. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Prancis Terus Kirim Senjata ke Israel Meski Dapat Kecaman

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Kolom
Dunia Islam
Palestina