ISIS TEMBAK JATUH PESAWAT SURIAH

Ilustrasi pesawat Suriah ditembak jatuh. (Foto: dok. ARA News)
Ilustrasi ditembak jatuh. (Foto: dok. ARA News)

As-Suwayda, Suriah, 6 Rajab 1436/25 April 2015 (MINA) – Islamic State atau dilaporkan menembak jatuh sebuah pesawat rezim Suriah dekat bandara militer utama di provinsi selatan Suriah, As-Suwayda, Jumat (24/4).

Sementara itu, sumber-sumber media ISIS melaporkan, kelompok telah menangkap pilot pesawat jatuh itu di dekat bandara Khalkhalah, ARA News yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

As-Suwayda adalah provinsi yang menjadi benteng utama bagi minoritas di Suriah Selatan. Druze telah menunjukkan netralitasnya terhadap konflik Suriah selama empat tahun terakhir.

Druze adalah etnis yang mengimani agama yang unik, agama yang memadukan berbagai kepercayaan lokal, termasuk Kristen, namun lebih kental kepada paham Syiah 12 Imam.

Bandara Khalkhalah adalah satu-satunya pangkalan udara di provinsi As-Suwayda.

Pesawat perang itu ditembak jatuh di bagian timur bandara Khalkhalah, sumber-sumber lokal melaporkan Jumat.

Namun media pemerintah Suriah membantah berita ISIS menembak jatuh pesawat pemerintah dan mengatakan pesawat itu jatuh karena masalah teknis dalam latihan di dekat Khalkhalah.

“Pencarian terhadap pilot masih berlangsung,” kata seorang perwira militer Suriah.

Menurut laporan, insiden Jumat itu bukan pertama kalinya ISIS berhasil menjatuhkan sebuah pesawat militer.

Beberapa bulan yang lalu, ISIS pernah menembak jatuh sebuah pesawat tempur Yordania yang melakukan serangan udara di Suriah pada Februari. Pilot pesawat, Muaz Kassasbeh, kemudian dibakar sampai mati oleh kelompok tersebut. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0