ISLAM DI MATA MENDIANG LEE KUAN YEW

lee kuan yeuw
Foto: Mendiang Lee saat menghadiri acara buka puasa di Masjid Al-Amin th 2010 (sumber: MUIS )

Oleh: Fadh Ahmad Arifan (alumni MAN 3 Malang dan kini menjadi seorang pendidik di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 2, kota Malang-Jawa timur)

Setelah berjuang melawan penyakit pneumonia, bapak pendiri Singapura, Lee Kuan yew wafat di usia 91 tahun. Lee wafat di Singapore General Hospital pada 23 Maret 2015, pukul 03.18 pagi waktu setempat. Kepergiannya mengundang simpati dari berbagai termasuk Barrack Obama, David Cameron dan Sekjen PBB Ban Ki-moon. Komunitas Muslim di Singapura juga turut kehilangan pria lulusan jurusan Hukum, Cambridge University tersebut.

Seperti yang diberitakan media BBC, Lee menduduki kursi Perdana menteri terlama di Singapura dari tahun 1959 hingga mengundurkan diri pada 1990. Dia digantikan oleh Goh Chok Tong pada 28 November 1990 namun Lee tetap berperan penting dalam kehidupan politik Singapura dengan jabatan Menteri senior. Goh Cok Tong menjabat Perdana menteri hingga tahun 2004 untuk digantikan aoleh Lee Hsien Loong putra Lee Kuan Yew yang sudah disebut-sebut sejak awal akan mengantikan ayahnya.

Walaupun di Negeri singa itu tidak ada yang namanya “Demokrasi” seperti di Indonesia, tetapi penegakan hukumnya berjalan sangat baik. Beda dengan yang terjadi di negara kita, Demokrasinya kebablasan dan menyedot banyak anggaran negara, tetapi penegakan hukumnya “Tajam ke bawah, Tumpul ke atas”.

Eksistensi Islam di Singapura

Dari hasil penelitian Asep Saefullah, Islam sudah eksis di Singapura (dulu Tumasik) antara abad 8 M dan 11 M.  Sejak masa kuno, Tumasik telah menjadi kota pelabuhan yang ramai disinggahi kapal-kapal para pedagang dari berbagai belahan dunia, India, Persia, Arab, dan termasuk Eropa. Bahkan sejak pertengahan abad ke-19 sampai dengan awal abad ke-20, Singapura menjadi pusat informasi dan komunikasi dakwah Islam, melalui produksi, reproduksi, dan distribusi kitab-kitab cetak keagamaan, dari wilayah Asia Tenggara maupun Timur Tengah dan Eropa.

Di era modern, Islam di Singapura posisinya minoritas. Yakni sekitar 15% dari total keseluruhan penduduk Singapura. Dengan komposisi 14% ras melayu dan sisanya dari Arab, Pakistan dan India. Selain ketiga ras tersebut, di Singapura juga ditemukan orang Cina yang beragama Islam. Menurut Prof Hussin Mutalib dari National University of Singapore (NUS), orang Cina yang memeluk agama Islam makin meningkat, namun jumlahnya terbilang masih kecil.

Singapura tentunya dikenal sebagai negara sekuler. Meskipun begitu, menjalankan syariat Islam di Negeri Singa bagi umat Islam bukanlah hal yang sulit. Demikian disampaikan Ketua Indonesian Muslim Association In Singapore (IMAS) Imanuddin Amril dalam pertemuan dengan Perhimpunan Baitul Maal Wat Tamwil Indonesia. “Alhamdulillah kita bisa menjalankan syariat,” ujar Imanuddin.  Singapura, kata Imanuddin, juga mendukung keberadaan komunitas muslim di sana.  Bentuk konkretnya adalah banyaknya masjid yang dikelola secara profesional. “Kebanyakan muslim berasal dari penduduk lokal hingga pendatang, termasuk dari Indonesia,” kata Imanuddin.

Pandangan Lee Terhadap Islam

Sepanjang hidupnya mendiang Lee Kuan Yew tercatat pernah memberikan sumbangsih terhadap komunitas Muslim di Singapura. Pertama, Lee membentuk Majlis Ulama Islam Singapura (MUIS) pada tahun 1968. Ini semacam Majelis ulamanya untuk menaungi . Kedua, Lee dikenang pernah memberikan dukungan kuat atas skema dana pembangunan Masjid pada tahun 1975.

Selain sumbangsihnya di atas, di sisi lain, ternyata Lee punya pandangan yang tidak mengenakkan terkait agama Islam. Pertama, dalam bukunya yang berjudul, “Lee Kuan Yew: Hard Truths to Keep Singapore Going” (Straits Times Press, 2011), Lee menyatakan “kami dapat mengintegrasikan semua agama dan ras kecuali Islam”. Lee juga menyerukan agar Muslim setempat sedikit lebih longgar dalam menjalankan agama mereka agar mereka dapat berintegrasi dengan warga Singapura lainnya. Pandangan Lee soal integrasi ini direspon oleh mantan PM Malaysia, Dr Mahathir Mohammad, “Saya tidak terkejut atas pernyataannya karena menurut dia agama tidaklah penting. Baginya yang terpenting ialah menghalalkan segala cara, jadi jika dia ingin integrasi rasial di Singapura, ia tidak akan membiarkan Islam mencapai tujuannya”.

Kedua, dalam bocoran dokumen yang dirilis oleh Wikileaks, Lee menyebut Islam sebagai ‘agama yang beracun’ (venomous religion). Dia menyampaikan hal itu sewaktu bertemu senator AS Hillary Clinton pada tahun 2005. Akan tetapi Lee menyangkal dengan memperjelas bahwa yang dimaksud ketika itu kelompok teroris seperti Jamaah Islamiyah dan penyeru jihad yang menyebarkan ajaran Islam versi mereka.

Ketiga, Saat Lee menjadi menteri Senior Singapura, dia berani menuding pimpinan Abu Bakar Ba`asyir sebagai pimpinan Jamaah Islamiyah (JI) untuk Singapura dan Malaysia. Selain itu, menurut Lee, masih banyak lagi kelompok Islam radikal di Tanah Air. Dan, mereka membahayakan Singapura. Bagi Gus Sholah, tudingan tersebut hanya bentuk ketakutan Singapura karena negeri singa itu dikelilingi negara Muslim besar, seperti Indonesia dan Malaysia.

Sebelum menutup tulisan ini, belajar dari sosok Lee Kuan Yew, kita bisa mengetahui bahwa seorang pemimpin non Muslim seperti dia tetap saja mengidap Islamophobia. Pada hakekatnya, Lee khawatir dengan pesatnya pertumbuhan agama ini baik di negaranya maupun level Asia Tenggara. Terbukti banyak pernyataannya yang tendensius terhadap Islam. Wallahu’allam bishowwab. (P008/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0