Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Israel akan Adili Puluhan Tentara yang Tolak Kembali ke Gaza

sri astuti Editor : Rudi Hendrik - Jumat, 30 Agustus 2024 - 13:49 WIB

Jumat, 30 Agustus 2024 - 13:49 WIB

16 Views

Tentara Israel yang bertugas di Gaza bertemu dengan salah satu pakar kesehatan mental tentara. (Foto: TPS)

Tel Aviv, MINA – Militer Israel mengancam akan mengadili puluhan tentaranya karena menolak kembali ke Jalur Gaza, di tengah meningkatnya kasus penolakan tersebut dalam beberapa bulan terakhir.

Menurut lembaga penyiaran publik Israel, KAN, pekan ini, sedikitnya 20 tentara Israel menolak kembali ke Gaza, tempat pasukan pendudukan melakukan kejahatan perang dan pelanggaran hak asasi manusia saat berupaya melenyapkan kelompok Perlawanan Palestina, Hamas dan pemerintahannya di wilayah yang diblokade. MEMO melaporkan.

Sedikitnya 10 dari tentara yang tidak setuju tersebut dilaporkan telah menerima peringatan resmi dari tentara dengan ancaman akan diadili karena menolak kembali.

Keluarga beberapa tentara, yang dikutip oleh lembaga penyiaran tersebut, telah menyatakan bahwa kerabat mereka “dipaksa melakukan manuver darat di Gaza atau menghadapi penjara,” yang mengakibatkan beberapa dari mereka menawarkan untuk kembali bertugas di wilayah selain Gaza.

Baca Juga: Protes Netanyahu, Keluarga Sandera Mengikat Diri Di Tel Aviv

“Hanya ada beberapa prajurit tersisa di kompi mereka, yang mampu bertempur,” kata kerabat prajurit tersebut.

“Ini saatnya kita sebagai orangtua untuk membantu mereka menghadapi sistem yang tidak peduli pada mereka,” ujarnya.

Ancaman pengadilan dan tindakan hukum terhadap prajurit Israel muncul di tengah meningkatnya kasus prajurit pembangkang yang menolak untuk terus bertempur di wilayah Palestina yang diblokade tersebut, baik karena kejahatan perang yang terus dilakukan oleh pasukan pendudukan atau karena meningkatnya persepsi bahwa Hamas tidak dapat dikalahkan secara militer semudah yang diyakini pemerintah Israel sebelumnya. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Cedera Psikologis Tentara Isreal Meningkat 172 Persen

Rekomendasi untuk Anda