Israel Bangun Pos Permukiman Baru Di Lembah Yordan Utara

Foto: Palinfo

, MINA – Otoritas Pendudukan Israel mulai membangun pos permukiman baru di Lembah Yordan Utara Palestina, Selasa (5/4) Tepi Barat terjajah.

Menurut aktifis HAM Arif Daraghimah, sekelompok yahudi memasang sejumlah rambu di jalan dan melakukan penggalian sebagai awal pembangunan pos permukiman baru di Lembah Yordan Utara.

Seperti dikutip dari Palinfo, Rabu (5/4), sejak beberapa tahun lalu, kelompok yahudi telah membangun enam pos permukiman di Lembah Yordan Utara, yang menyebabkan tertutupnya ribuan acre lahan penggembalaan bagi para peternak Palestina.

Tel Aviv memandang Lembah Yordan sebagai kawasan protektorat keamanan dan perekonomian. Mereka hendak mempertahankannya dalam perundingan di masa mendatang dengan pihak Palestina.

Kawasan Lembah Yordan merupakan lumbung pangan bagi Palestina, kawasan subur ini menjadi incaran dan target zionis sejak lama.

Aneksasi wilayah tersebut terus berlanjut bekerjasama dengan kelompok-kelompok zionis yang membangun permukiman dengan mengusir penduduk Palestina, mayoritasnya para petani dan peternak.

Zionis mendapat dukungan penuh dari mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam menganeksasi kawasan Lembah Yordan dan memasukannya ke dalam wilayah Israel. (T/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)