Israel-Korea Selatan Sepakati Pertukaran Vaksin Covid-19

Tel Aviv, MINA – Israel dan Korea Selatan menandatangani kesepakatan pertukaran vaksin covid-19 pada Selasa (6/7), di mana dalam waktu singkat Israel akan transfer sebanyak 700.000 dosis vaksin Pfizer ke Korea Selatan.

Sekitar satu juta dosis yang bernilai jutaan dolar dibeli Israel dari Prifizer yang tidak terpakai dan akan kadaluwarsa pada akhir bulan ini. 

Dilansir dari the jerusallem post, Perdana Menteri Israel Naftali Bennett mengklaim pertukaran itu sebagai kesepakatan saling menguntungkan. “Korea Selatan akan menerima stok vaksin kami milik dan kami akan kedatangan vaksin pesanan mereka,” katanya.

Sebagai gantinya, Korea Selatan akan mengembalikan jumlah vaksin yang sama ke Israel di bulan September atau Oktober tahun ini.

Ini merupakan pertukaran vaksin Covid-19 pertama dilakukan Israel dengan negara lain, setelah kesepakatan serupa dibatalkan Palestina bulan lalu karena vaksin Pfizer dari negara Zionis itu habis masa berlakunya di akhir bulan.

Bulan lalu, Otoritas Palestina menolak transfer lebih dari satu juta dosis vaksin COVID-19 dari Israel. Menteri Kesehatan Palestina Mai Al-Kailah mengatakan bahwa vaksin dari Israel “tidak memenuhi kriteria teknis” karena akan kedaluwarsa.(T/A1/P1)

Miraj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.