MILITER ISRAEL SERANG DEMO WARTAWAN DI HARI KEBEBASAN PERS DUNIA

Tentara Israel memukuli wartawan dalam pembubaran paksa protes. foto: Arsip

Tepi Barat, Palestina, 6 Rajab 1435/5 Mei 2014 (MINA) – Militer Israel menyerang protes damai  diselenggarakan wartawan Palestina, di dekat penghalang militer Bei El di Tepi Barat, yang diselenggarakan  dalam rangka memperingati Hari Dunia.

Tentara Israel menembakkan granat kejut dan gas air mata kepada para jurnalis yang meneriakkan slogan-slogan menuntut kebebasan pers dan hak untuk mendapat  perlindungan dari  kekerasan Israel  terhadap mereka,  media Middle East Monitor (MEMO)  melaporkan seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin.

Ketua Persatuan Wartawan Palestina, Abdel Nasser Al-Najjar yang  ikut serta dalam aksi protes tersebut mendesak diakhirinya agresi Israel terhadap semua wartawan yang bekerja di Palestina.

“Pesan kami pada Hari Kebebasan Pers Dunia adalah kami ingin jaminan perlindungan bagi kebebasan gerak kerja kami,” katanya.

Al- Najjar mengatakan, media berperan penting dalam mengungkap kejahatan Israel terhadap warga Palestina dan membela Hak Asasi Manusia.

Dia mencatat ratusan wartawan dan pekerja media terluka di wilayah Palestina yang dijajah selama lima tahun terakhir, akibat kekerasan fisik dan senjata gas Israel yang menembaki mereka.

Sebuah laporan baru dikeluarkan Pusat HAM Palestina pada Sabtu (3/5) menyoroti fakta serangan Israel terhadap kebebasan  jurnalis dalam meliput yang mengalami peningkatan.

Laporan yang diberti nama ‘Membungkam Pers: Dokumentasi pelangaran Israel terhadap anggota pers yang bekerja di wilayah Palestina yang diduduki’,  melaporkan sejak  periode Januari 2013 dan Maret 2014, ada setidaknya 135 kasus serangan terhadap wartawan, termasuk hak  dan jaminan keselamatan pribadi, pemukulan, penghinaan dan  perendahan martabat serta lainnya.

“Militer Israel menggunakan kekerasan berlebihan tanpa pandang bulu dan tidak proporsional terhadap jurnalis dengan cara yang tidak dibenarkan oleh militer manapun,” kata laporan itu.(T/Fauziah/P03-IR)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: Fauziah Al Hakim

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0