Israel Tahan Jurnalis Fotografi Wafa di Hebron

Mashour Wahwah, fotografer Kantor Berita dan Informasi Palestina WAFA. (Foto: Wafa).

Hebron, MINA – Pasukan Israel menahan sebentar Mashour Wahwah, fotografer Kantor Berita dan Informasi Palestina di pintu masuk kamp pengungsi al-Fawwar, Hebron, selatan kota Tepi Barat yang diduduki, Senin, (23/1) pagi waktu Palestina.

Wahwah sedang melaksanakan tugas jurnalistik mengambil foto pasukan Israel saat mereka menahan dua pemuda Palestina di daerah tersebut.

Dia mengatakan bahwa tentara Israel menahannya sebentar di bawah todongan senjata dan menyita kartu memori kameranya, kemudian mencegah dia mengambil foto apapun.

Kantor Informasi Tahanan Palestina menyebut, lebih dari 130 jurnalis ditahan pada tahun 2022 lalu oleh pendudukan Israel, hal ini melanggar semua hukum dan norma internasional yang menjamin kebebasan berpendapat dan berekspresi. Israel masih menahan 20 jurnalis, termasuk reporter Yerusalem Mahmoud Issa, yang ditahan sejak 1993.

Sementara itu Komite Dukungan Jurnalis yang berbasis di Beirut mengatakan 13 wartawan Palestina terluka oleh pasukan Israel pada bulan Desember 2022 lalu.

Warga Palestina menandai 31 Desember sebagai Hari Jurnalis Palestina sebagai pengakuan atas peran mereka dalam merangkul perjuangan Palestina dan hak-hak nasional. (T/B03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.