Isteri Lain Suami Beriman Selalu Setia Menunggu

Oleh Rudi Hendrik, jurnalis Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Allah telah menciptakan bagi setiap yang beriman isteri-isteri yang setia menanti hingga masa pertemuan pasangan itu tiba.

Isteri-isteri itu adalah satu makhluk yang mirip dengan wanita, yaitu , sebagai bukti pemuliaan-Nya kepada pria. Allah memberikan bidadari kepadanya, sehingga sekali pun pria Mukmin itu masih berada di dunia, bidadari tersebut akan selalu setia menunggunya.

Allah telah menambahkan kemuliaan para pria, yaitu ketika para bidadari turun ke langit dunia untuk mengintip para suami mereka dari balik awan dengan penuh kerinduan.

ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุฃูŽุจููˆ ุจูŽูƒู’ุฑู ุจู’ู†ู ุฃูŽุจููŠ ุดูŽูŠู’ุจูŽุฉูŽ ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุงุจู’ู†ู ุฃูŽุจููŠ ุนูŽุฏููŠู‘ู ุนูŽู†ู’ ุงุจู’ู†ู ุนูŽูˆู’ู†ู ุนูŽู†ู’ ู‡ูู„ูŽุงู„ู ุจู’ู†ู ุฃูŽุจููŠ ุฒูŽูŠู’ู†ูŽุจูŽ ุนูŽู†ู’ ุดูŽู‡ู’ุฑู ุจู’ู†ู ุญูŽูˆู’ุดูŽุจู ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ุนูŽู†ู’ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฐููƒูุฑูŽ ุงู„ุดู‘ูู‡ูŽุฏูŽุงุกู ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูŽุง ุชูŽุฌููู‘ู ุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ู…ูู†ู’ ุฏูŽู…ู ุงู„ุดู‘ูŽู‡ููŠุฏู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุชูŽุจู’ุชูŽุฏูุฑูŽู‡ู ุฒูŽูˆู’ุฌูŽุชูŽุงู‡ู ูƒูŽุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูู…ูŽุง ุธูุฆู’ุฑูŽุงู†ู ุฃูŽุถูŽู„ู‘ูŽุชูŽุง ููŽุตููŠู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ูŽุง ูููŠ ุจูŽุฑูŽุงุญู ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ูˆูŽูููŠ ูŠูŽุฏู ูƒูู„ู‘ู ูˆูŽุงุญูุฏูŽุฉู ู…ูู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ุญูู„ู‘ูŽุฉูŒ ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ู…ูู†ู’ ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ูˆูŽู…ูŽุง ูููŠู‡ูŽุง

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Adi dari Ibnu Aun, dari Hilal bin Abu Zainab, dari Syahr bin Hausyab, dari Abu Hurairah, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, beliau bersabda, “Tidak akan kering bumi dengan darah seorang syahid sehingga kedua istrinya berlomba-lomba menjemputnya, keduanya seakan-akan perempuan yang menyusui yang kehilangan kedua anak penyusuannya di tanah yang sangat lapang. Dan di setiap tangannya ada pakaian yang lebih baik dari dunia dan seisinya.”ย (HR. Ibnu Majah No.2788)

Dalam hadits ini Rasulullah ingin memberitahukan kepadaย  kaum wanita atau kepada para isteri-isteri di dunia bahwa mereka memiliki saingan yang tangguh dari balik awan.

Maka betapa hinanya bagi seorang wanita ketika dia menyakiti suaminya. Maka sungguh pantas bila wanita itu menjadi hina apabila dia menghinakan suaminya. Oleh karena itu, tidak ada hal lain yang menjadi ukuran kemuliaan diri seorang istri, kecuali menjadi pesaing wanita-wanita yang mulia atau para bidadari yang bermata jeli itu.

Suami yang beriman merupakan orang yang mulia di sisi Allah. Allah akan marah bila ada orang yang menghinakannya, bahkan dia menyatakan perang terhadap orang yang memusuhinya.

Dalam sebuah hadits qudsi Allah Subhana Wa Ta’ala berfirman:

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจูู€ูŠู’ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู’ู„ู ุงู„ู„ู‘ู€ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ : ยซุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู€ู‰ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ู…ูŽู†ู’ ุนูŽุงุฏูŽู‰ ู„ูู€ูŠู’ ูˆูŽู„ููŠู‘ู‹ุง ููŽู‚ูŽุฏู’ ุขุฐูŽู†ู’ุชูู‡ู ุจูุงู„ู’ู€ุญูŽุฑู’ุจู ุŒ ูˆูŽู…ูŽุง ุชูŽู‚ูŽุฑู‘ูŽุจูŽ ุนูŽุจู’ุฏููŠู’ ุจูุดูŽูŠู’ุกู ุฃูŽุญูŽุจู‘ูŽ ุฅูู„ูŽู€ูŠู‘ูŽ ู…ูู…ู‘ูŽู€ุง ุงูู’ุชูŽุฑูŽุถู’ุชูู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุŒ ูˆูŽู…ูŽุง ูŠูŽุฒูŽุงู„ู ุนูŽุจู’ุฏููŠู’ ูŠูŽุชูŽู‚ูŽุฑู‘ูŽุจู ุฅูู„ูŽู€ูŠู‘ูŽ ุจูุงู„ู†ู‘ูŽูˆูŽุงููู„ู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุฃูุญูุจู‘ูŽู‡ูุŒ ููŽุฅูุฐูŽุง ุฃูŽุญู’ุจูŽุจู’ุชูู‡ู ูƒูู†ู’ุชู ุณูŽู…ู’ุนูŽู‡ู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ ูŠูŽุณู’ู…ูŽุนู ุจูู‡ู ุŒ ูˆูŽุจูŽุตูŽุฑูŽู‡ู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ ูŠูุจู’ุตูุฑู ุจูู‡ู ุŒ ูˆูŽูŠูŽุฏูŽู‡ู ุงู„ู‘ูŽุชููŠู’ ูŠูŽุจู’ุทูุดู ุจูู‡ูŽุง ุŒ ูˆูŽุฑูุฌู’ู„ูŽู‡ู ุงู„ู‘ูŽุชููŠู’ ูŠูŽู…ู’ุดููŠู’ ุจูู‡ูŽุง ุŒ ูˆูŽุฅูู†ู’ ุณูŽุฃูŽู„ูŽู†ููŠู’ ู„ูŽุฃูุนู’ุทููŠูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุŒ ูˆูŽู„ูŽุฆูู†ู ุงุณู’ุชูŽุนูŽุงุฐูŽู†ูู€ูŠู’ ู„ูŽุฃูุนููŠู’ุฐูŽู†ู‘ูŽู‡ูยป.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu ia berkata, Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam bersabda, โ€Sesungguhnya Allรขh Azza wa Jalla berfirman, โ€™Barangsiapa memusuhi wali-Ku, sungguh Aku mengumumkan perang kepadanya. Tidaklah hamba-Ku mendekat kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai daripada hal-hal yang Aku wajibkan kepadanya. Hamba-Ku tidak henti-hentinya mendekat kepada-Ku dengan ibadah-ibadah sunnah hingga Aku mencintainya. Jika Aku telah mencintainya, Aku menjadi pendengarannya yang ia gunakan untuk mendengar, menjadi penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat, menjadi tangannya yang ia gunakan untuk berbuat, dan menjadi kakinya yang ia gunakan untuk berjalan. Jika ia meminta kepada-Ku, Aku pasti memberinya. Dan jika ia meminta perlindungan kepadaku, Aku pasti melindunginyaโ€™.โ€ (Hadits ini shahih. Diriwayatkan oleh Imam Bukhรขri, no. 6502; Abu Nuโ€™aim dalam Hilyatul Auliyรขโ€™ , I/34, no. 1; al-Baihaqi dalam as-Sunanul Kubra, III/346; X/219 dan al-Baghawi dalam Syarhus Sunnah, no. 1248, dan lainnya)

Allah menugaskan para bidadari surga untuk menjunjung kemuliaan suami-suami mereka ketika para isteri menyakiti para suami mereka, sekali pun sedikit.

Dari Muโ€™adz bin Jabal radhiyallahu โ€˜anhu, Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam bersabda,

ู„ุงูŽ ุชูุคู’ุฐูู‰ ุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽุฉูŒ ุฒูŽูˆู’ุฌูŽู‡ูŽุง ููู‰ ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ุฅูู„ุงู‘ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ุฒูŽูˆู’ุฌูŽุชูู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุญููˆุฑู ุงู„ู’ุนููŠู†ู ู„ุงูŽ ุชูุคู’ุฐููŠู‡ู ู‚ูŽุงุชูŽู„ูŽูƒู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ููŽุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ู‡ููˆูŽ ุนูู†ู’ุฏูŽูƒู ุฏูŽุฎููŠู„ูŒ ูŠููˆุดููƒู ุฃูŽู†ู’ ูŠูููŽุงุฑูู‚ูŽูƒู ุฅูู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง

โ€œJika seorang istri menyakiti suaminya di dunia, maka calon istrinya di akhirat dari kalangan bidadari akan berkata,
‘Janganlah engkau menyakitinya. Semoga Allah mencelakakanmu sebab ia hanya sementara berkumpul denganmu. Sebentar lagi ia akan berpisah dan akan kembali kepada kami’.โ€ (HR. Tirmidzi no. 1174 dan Ibnu Majah no. 2014. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Demikianlah, wahai para Muslimah. Suami engkau yang beriman itu telah dinantikan oleh calon-calon isterinya yang lebih cantik dan taat. Karenanya, janganlah engkau sia-siakan suamimu yang beriman dengan durhaka kepadanya. Bersiaplah untuk menjadi beriman dan salihah, kemudian tetap demikian sehingga engkau dapat berkumpul bersama saudara-saudaramu dari kalangan bidadari di akhirat nanti. (P001/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.